RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID PENGENALAN KOSAKATA UNTUK DISABILITAS TUNARUNGU MENGGUNAKAN METODE SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA

Ardi Mardiana, Tantri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi media pembelajaran untuk anak tunarungu dengan menggunakan metode SIBI pada smartphone android yang dapat digunakan oleh guru tunarungu yang ada di SLBN Majalengka untuk lebih mempermudah dalam proses mengajar anak yang tunarungu, terdapat 10 orang tunarungu yang terbagi dari beberapa kelas yaitu 3 orang kelas 1 SD, 3 orang kelas 2 SD, 2 orang kelas 4 SD, 1 orang kelas 5 SD, dan 1 orang kelas 6 SD dan proses mengajar yang dilakukan di SLBN Majalengka masih mengacu pada kamus SIBI yang tentunya masih manual, ketika mengajarkan tunarungu yang cacat sejak lahir kadang susah kadang mudah tetapi lebih sulit mengajarkan anak tunarungu yang memiliki cacat akibat karena kecelakaan tentunya akan sangat kesulitan dan membutuhkan waktu dalam mempelajari SIBI. Oleh karena itu aplikasi ini memperlihatkan beberapa kosakata umum yang ada dalam beberapa kategori yaitu abjad, angka, benda, buah, hewan, kata ganti orang, mimik wajah, transportasi dan warna yang di sajikan dalam bentuk video dengan menggunakan metode SIBI.

Keywords


Tunarungu; SIBI; Java; RUP; UML

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, H. & Riswaya, A. R., 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), pp. 61-69.

Dharwiyanti, S. & Wahono, R. S., 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). Kuliah Umum IlmuKomputer.Com, pp. 1-13.

Ermatika, 2016. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Sistem Informasi (JSI), pp. 966-977.

Fauziah, Y., Yuwono, B. & D.W.P., C., 2012. Aplikasi Kamus Elektronik Bahasa Isyarat Bagi Tunarungu Dalam Bahasa Indonesia Berbasis Web. Telematika, 9(1), pp. 45-50.

Fortuna, A. N., 2014. Persepsi Siswa Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 3(3), pp. 673-684.

Huda, N. & Purwaningtias, F., 2017. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Berbasis Augmented Reality. Jurnal SISFOKOM, 06(02), pp. 116-120.

Juansyah, A., 2015. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted - Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), pp. 1-8.

K, O. T., Irfan, M. & Nurpianti, A., 2013. Jurnal Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi. Pembuatan Aplikasi Anniyapedia Ensiklopedi Muslim Anak Berbasis Web, 7(1), pp. 33-52.

Kulkarni , V. S. & Lokhande., S. D., 2010. Appearance Based Recognation Of American Sign Language Using Gesture Segmentation. International Journal on Computer Science and Engineering, 02(03), pp. 560-565.

Mubarok, F., , Harliana & Hadijah, I., 2015. Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web. Citec Journal, 2(2), pp. 114-127.

Mustaqbal, M. . S., Firdaus, . R. . F. & Rahmadi, H., 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3), pp. 31-36.

Najiburahman, M., Magdalena, R. & atmaja, R. D., 2015. Simulasi dan Analisis Sistem Penerjemah Bahasa SIBI Menjadi Bahasa Indonesia Menggunakan metode Klasifikasi Hidden MArkov Model. e-Proceeding of Engineering, 2(1), pp. 97-105.

Nurjannah, 2013. Jurnal Kreatif Tadulako. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN SONI, 4(8), pp. 290-313.

Patil, K., Pendharkar, G. & Gaikwad, P. G. N., 2014. American Sign Language Detection. International Journal of Scientific and Research Publication, 4(11), pp. 1-6.

Rahmad, M. B. & Setiady, T., 2014. Perancangan Sistem Informasi Inventory Spare Part Elektronik Berbasis Web PHP. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2(2), pp. 1331-1340.

Santoso, M. B. & Apsari, N. C., 2017. Pergeseran Paradigma Dalam Disabilitas. Journal of International Studies, 1(2), pp. 166-176.

Siskandar, 2003. Pelayanan Profesional Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soenarto, B., Irwan, S. & Kambry, M. A., 2016. Teknik Utama. Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(1), pp. 15-26.

Soesanto, G. R., Sihkabuden & Ulfa, S., 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Kognitif Menggunakan Kalimat Efektif Pada Tunarungu Tingkat SLTA. Jurnal Pendidikan, 1(6), pp. 1169-1179.

Sugiarti, S., 2015. Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu Melalu Media Variasi Gambar Pada Siswa Kelas V/B Di SLB Negeri Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 254-260.

Trisnadewi, K. A., Darsana, I. W. & Wiyasa, K. N., 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Tibubeneng, Kuta Utara. e-Jurnal Mimbar PG SD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/inf.v5i1.1452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ardi Mardiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.