PENGEMBANGAN JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN USER AUTHENTICATION BERBASIS RADIUS DALAM INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus: Universitas Widyatama)

Muchamad Rusdan, Muhamad Sabar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan jaringan wireless pada area hotspot yang masih mempergunakan Wi-Fi Protected Access 2-Pre-Shared Key (WPA2-PSK) akan dikembangkan menjadi berbasis Remote Access Dial In User Service (RADIUS) sebagai user authentication yang aman dan user-friendly yang mampu membedakan user yang diizinkan dan tidak diizinkan. Di Universitas Widyatama setiap mahasiswa, dosen, dan karyawan dapat menggunakan layanan jaringan wireless yang ada dengan cara memasukkan password pada laptop, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya yang mendukung penggunaan WPA2-PSK untuk melakukan user authentication. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan jaringan wireless dengan menggunakan user authentication dalam melakukan koneksi jaringan wireless, meningkatkan keamanan serta kemudahan dalam penggunaan jaringan wireless, dan dapat menghasilkan kebijakan dan prosedur penggunaan akses jaringan wireless. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC). Pengujian jaringan wireless dengan pengujian user authentication akan diuji melalui captive portal dan terminal server RADIUS dalam mewujudkan jaringan wireless yang aman dan user-friendly. Diperoleh kesimpulan bahwa user authentication berbasis RADIUS setelah dilakukan pengujian menggunakan perangkat smartphone dan notebook dapat disimpulkan bahwa user authentication berbasis RADIUS aman dan user-friendly.

Keywords


NDLC; RADIUS; User Authentication; User-friendly; Wireless Network

Full Text:

PDF

References


A. Julianto, Migunani, and R. Efendi, “Otentikasi Penggunaan Layanan Wireless LAN Dengan FreeRADIUS dan Chillispot,†J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 4, no. 2, pp. 1–10, 2013.

Patrick, Andrew. Authentication Technologies & Identity Theft. Canada: Information Security Group, Institute for Information Technology & Department of Psychology, Carleton University. 2007.

D. C. Pramudita, A. Pinandito, and E. S. Pramukantoro, “Otentikasi dan Manajemen Pengguna Hotspot Router Mikrotik Menggunakan RADIUS dan PHP-MySQL,†J. Mhs. PTIIK UB, vol. 1, no. 1, p. 11, 2013.

I. Riadi and Wahyu Prio Wicaksono, “Implementasi Quality of Service Menggunakan Metode Hierarchical Token Bucket,†JUSI, vol. 1, no. 2, pp. 93–104, 2011.

H. Setiawan, “Rancang Bangun captive Portal Untuk Jaringan Wireless Berbasis Open Source Pada CV. Gempar Production Palembang,†STMIK PalComTech, pp. 1–9, 2013.

A. Tenggono, “Desain Dan Implementasi User Authentication Untuk Fasilitas Hotspot STMIK Palcomtech,†J. Teknol. DAN Inform., vol. 1, no. 3, pp. 184–201, 2011.

R. P. Tenggario and J. Lukas, “Manajemen Jaringan Wireless Menggunakan Server Radius,†J. Tek. Komput., vol. 19, no. 9, pp. 80–87, 2011.

M. Yahya, “Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia,†Orasi Ilm. Profr. Bid. Ilmu Pendidik. Kejuru. Univ. Negeri Makassar, pp. 1–25, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/inf.v5i1.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muchamad Rusdan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.