JUDUL PENELITIAN: PENERAPAN LATIHAN RELAKSASI LATIHAN KONSENTRASI DAN LAITIHAN VISUALISASI TERHADAP PENINGKATAN MENTAL ATLET SEPAK BOLA UNIVERSITAS MAJALENGKA

Indra Adi Budiman

Abstract


ABSTRAK

Penerapan Latihan Relaksasi, Latihan Konsentrasi dan Latihan Visualisasi terhadap Peningkatan Mental Atlet Sepak Bola Universitas Majalengka.

Penelitian ini mengkaji penerapan latihan relaksasi, latihan konsentrasi dan latihan visualisasi terhadap peningkatan mental atlet Sepak Bola Universitas Majalengka. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan teknik observasi dan kuisoner. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan olahraga dengan subjek penelitian adalah atlet Sepak Bola Universitas Majalengka yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif .

Hasil penelitian kualitatif menunjukkan persentase keaktifan atlet mulai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini ditandai semakin meningkatnya persentase atlet dari siklus I sebanyak 96,6% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Antusius atlet dalam proses pelatihan mental semakin baik. Hal ini ditandai semakin meningkatnya persentase atlet dari siklus I sebanyak 97,7% meningkat menjadi 100% pada siklus II.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.