PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP NEGERI SE-KABUPATEN MAJALENGKA

Indra yogi

Abstract


ABSTRAK

 

Indrayogi, M.Pd

 

Kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki guru searah dengan kebutuhan pendidikan di sekolah (kurikulum), tuntutan masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetensi atau kemampuan yang dimiliki oleh guru penjas sangatlah penting. Sebagai tenaga profesional kependidikan, guru penjas harus memiliki motivasi untuk berprestasi.

Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan penulis di beberapa sekolah menengah pertama di Kabupaten Majalengka kinerja guru Penjas masih belum optimal, hal ini bisa diduga bahwa faktor individu dan kompetensi guru penjas masih rendah.

Penulis merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut:1. Apakah kompetensi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas di SMP Negeri se-Kabupaten Majalengka?, 2. Apakah motivasi berprestasi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas di SMP Negeri se-Kabupaten Majalengka?, 3. Apakah kompetensi dan motivasi berprestasi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas di SMP Negeri se-Kabupaten Majalengka?.

Populasi penelitian adalah seluruh guru Penjas SMP se Kab. Majalengka dan untuk sampelnya adalah Guru Penjas SMP Negeri dan Kepala Sekolah seKab. Majalengka.

Hasil pengujian hipotesis penelitian adalah sebagai berikut:

Pengaruh antar variabel

Koefisien (r)

Koefisien Determinan (sumbangan KD=r² x 100%)

Koefisien variabel lain (sisa)

X1 terhadap Y

0,964

92,92%

-

X2 terhadap Y

0,988

97,76%

-

X1 dan X2 terhadap Y

0,989

97,81%

2,19%

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1. Kompetensi secara siginifikan berpengaruh terhadap kinerja guru penjas. 2. Motif Berprestasi secara siginifikan berpengaruh terhadap kinerja guru penjas. 3. Kompetensi dan motif berprestasi secara siginifikan berpengaruh terhadap kinerja guru penjas .

Kata Kunci: Motivasi berprestasi, kompetensi, kinerja guru

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.