MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Kompetensi Dosen Pada 3 FKIP)

Mimin Emi Suhaemi

Abstract


Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu dosen dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional. Namun pada kenyataannya kompetensi profesional dosen swasta yang berkaitan langsung dengan pelaksanaaan pendidikan dan pembelajaran pada sumber data, yakni di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Cirebon dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan belum terlaksana dengan optimal hal ini dibuktikan dengan rendahnya dalam penguasaan materi pembelajaran, lemahnya pemahaman substansi keilmuan, juga rendahnya penguasaan metodologi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, menjelaskan, dan menemukan model bagaimana strategi pengembangan manajemen bagi peningkatan kompetensi profesional dosen swasta di wilayah III Cirebon.

Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif analitis yakni mengungkapkan berbagai kejadian terkini yang berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi professional dosen swasta di wilayah III Cirebon dengan jalan melakukan eksplorasi mendalam guna menemukan model yang dianggap tepat bagi peningkatan kompetensi profesional dosen sebab hal ini berkaitan langsung dengan layanan mahasiswa dan hipotesisnya adalah (1) jika kompetensi profesional dosen tinggi, maka akan berdampak terhadap mutu layanan belajar mahasiswa; (2) jika mutu layanan belajar mahasiswa tinggi, maka akan berdampak besar terhadap mutu lulusan, dan jika mutu lulusan baik maka akan berdampak baik pula terhadap serapan dalam dunia kerja dan industri. Penelitian memberikan gagasan baru yang selama ini terabaikan baik oleh pemerhati, pelaksana, ataupun pihak stakeholder pendidikan.

Temuan dari penelitian ini adalah (1) kebijakan penyusunan perencanaan dosen oleh lembaga masih lemah dan kurang memperhatikan aspek pemetaan kebutuhan; (2) pelaksanaan kegiatan pengembangan manajemen kompetensi dosen kurang bertumpu pada aspek pemenuhan kebutuhan layanan mahasiswa; (3) strategi pengembangan manajemen bagi peningkatan kompetensi dosen belum terkoordinasi dengan baik, dan (4) pengawasan manajemen bagi peningkatan kompetensi profesional dosen kurang memperhatikan aspek-aspek manajemen serta (5) pembinaan pengembangan manajemen kompetensi profesional dosen tidak berkesinambungan dan  memperhatikan aspek reward dan funishment. Hasil penelitian dengan mempergunakan SWOT analysis ditemukan faktor pendukung motivasi dosen tinggi dan faktor penghambatnya adalah belum tersedianya program khusus yang secara intensif berkelanjutan sebab pada kebanyakan kasus universitas swasta terlalu banyak disibukan dalam system recruitment mahasiswa sehingga tugas manajemen terabaikan, dan pada gilirannnya tri dharma perguruan tinggi yang berkaitan dengan tugas dosen terabaikan pula hal ini disebabkan karena kurangnya pembinaan oleh dosen manajemen. Oleh sebab itu diperlukan strategi khusus bagi pengembangan manajemen yang berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi profesional dosen yakni manajemen mutu layanan akademik.

 

Kata Kunci : Pengembangan Manajemen Kompetensi dan Mutu Pendidikan dan Pengajaran


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.