PROFESIONALISME GURU DALAM MENGEMBANGKAN PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SD

Riza Sukma Fauzi

Abstract


Profesionalisme guru dalam mengembangkan proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga sangat erat hubungannya terhadap pelaksanaan proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga. Maka dari itu seorang guru dituntut lebih profesional. Selain itu, perbedaan  motivasi guru akan berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mengembangkan proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga. Kecerdasan emosional seorang guru akan mengakibatkan adanya perbedaan dalam memperoleh prestasi belajar siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara profesionalisme guru terhadap pengembangan proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Jadi sampel penelitian ini adalah 12 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis dan pengolahan data dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh angka 0,8. Nilai tersebut terdapat pada klasifikasi antara 0,80 - 1,000 yang dapat diinterprestasikan memiliki korelasi sangat kuat. Dengan menggunakan teknik persentase diperoleh 74 %. Nilai ini berada pada klasifikasi 51 % - 74 %, setelah dikonversikan berarti lebih separuhnya. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif terhadap profesionalisme guru dalam mengembangkan proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga. Dari hasil penemuan ini maka profesionalisme guru dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam mengembangkan proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.