Pengaruh Pendekatan Project Based Learning Dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Gerak Peserta Didik Sekolah Dasar

Tatang Suryadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan project based learning terhadap kreativitas dan keterampilan gerak peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Majalengka Kulon 3 sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yang kemudian dibagi kedalam dua kelompok dengan cara random (acak). sejumlah 18 orang untuk kelompok eksperimen (menggunakan pendekatan project based learning) dan 17 orang kelompok kontrol (menggunakan pmbelajaran langsung). Waktu penelitian yaitu selama 1,5 bulan, jumlah pertemuan 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 3 kali per minggu. Untuk mengukur kreativitas menggunakan instrumen kreativitas serta untuk mengukur keterampilan gerak menggunakan tes motor ability untuk sekolah dasar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Tidak terdapat pengaruh pendekatan project based learning  terhadap kreativitas peserta didik. (2) Tidak terdapat pengaruh pembelajaran langsung terhadap kreativitas peserta didik. (3) Kreativitas peserta didik dengan pendekatan project based learning lebih tinggi dibandingkan kreativitas peserta didik dengan pembelajaran langsung. (4) Terdapat pengaruh pendekatan project based learning  terhadap keterampilan gerak peserta didik. (5) Terdapat pengaruh pembelajaran langsung terhadap keterampilan gerak peserta didik. (6) Serta tidak terdapat perbedaan keterampilan gerak peserta didik pada kedua kelompok tersebut.

 

 

Kata kunci : project based learning, kreativitas, keterampilan gerak

Full Text:

PDF

References


Carvalhal. M. P. dkk. (2006) Overweight and obesity related to activities in Portuguese children, 7–9 years. European Journal of Public Health. Vol 17, No. 1, 42-46

Cropley. (1997). More Ways Than One : Fostering Creativity. Norwood New Jersey : Ablex Publising Corporation

Fairclugh, dkk. (2012). ‘Am I Able? Is It Worth it? Adolescent Girl’s Motivational Predispositions To School Physical Education Associations with Health-Enhanching Physical Activity. European Physical Education Review 18 (1) 147-158

Gallahue, D. L. (1999) Developmental Physical Education for Today’s Children. Kerper Bouleyand : A Times Mirror Company

Giriwijoyo, H.Y.S. (2012) Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Grant, M. (2002). Getting A Grip On Project-Based Learning: Theory, Cases And Recommendations. : Journal a service of NC State University

Hakala, P.T. dkk. (2006) Frequent computer-related activities increase the risk of neck–shoulder and low back pain in adolescents, European Journal of Public Health vol 16, No. 5, 536-541

Hamza dan Griffith, K. G. (2006). Fostering Problem Solving & Creative Thinking in the Classroom: Cultivating a Creative Mind. National Forum of Applied Educational Research Journal vol. 19. No. 3

Hon, A. H.Y. (2012) Shaping Enviroment Conductive to Creativity : The Role of Instrinsic Motivation. Cornell Hospitality Quarterly 53(1) 53–64.

Juliantine, Dkk. (2013). Model-Model pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung : Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI.

Kalaja, S. dkk. (2009). The Association Between Seventh Grade Finnish Student’s Motivational Climate, Percieved Competence, Self-Determined Motivation, and Fundamental Movement Skills. European Physical Education Review volume 15 (3) : 315-335: 364714

Koutroba, K. dkk. (2013). Cognitive, and Sosio-Affective Outcomes of Project Based Learning Perceptions of Greek Second School Students. : Improving School Sagepub volume 16 (3) : 244-260

Munandar. U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahyubi, H (2014) Teori-Teori belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung : Nusa Media

Slingerland, dkk. (2014). Differences in perceived competence and physical activity levels duringsingle-gender modified basketball game play in middle school physical education. European Physical Education Review vol 20 (1) 20-35

Sugiyanto, (2008). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta :Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Sukmadinata, N. S. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Yudiana Dkk. (2009) Penyususnan Bentuk-Bentuk aktivitas Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal. Bandung : Jurnal UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.