IMPLEMENTASI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Ading Muslihudin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berawal dari kenyataan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.  Kondisi ini dapat dilihat dari kemampuan siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang bersifat non rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran pembelajaran konvensional . Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  jenis  eksperimen  dengan  Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa sekolah dasar di Desa Suganangan dengan sampel siswa kelas V SDN Suganangan 1 dan SDN Suganangan 2 yang masing-masing berjumlah 25 orang dan 24 orang. Berdasarkan hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunaka n uji t diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti strategi Brain Based Learning lebih baik dibanding siswa yang mengiktu metode pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Brain Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah


Full Text:

33-37

References


Abdurrahman, G. & Sintawati, M. (2013). Strategi Brain-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya. Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Akyurek, E. (2013). Effects of Brain-Based Learning Approach on Students’ Motivation and Attitudes Levels in Science Class. Mevlana International Journal of Educations. (3). hlm. 104-119.

Bilal, D. (2010). The Effects of Brain-Based Learning on the Academic Achie-vement of Students with Different Learning Styles. Journal of Educational Sciences : Theory & Practice. (10). hlm. 2077-2103.

Gulpinar, M. (2005). The Principles of Brain-Based Learning and Constructivist Models in Education. Journal of Educational Science : Theory and Practice. (5). hlm. 299-306.

Hasbullah. (2011). Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nahdi, Dede Salim & Somantri, Mubarok. (2013). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. Vol 1, No. 2, Hal 152-291.

Nahdi, Dede Salim (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 3 No. 1 hal 13-22.

Nahdi, Dede Salim (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solvinguntuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 1 No. 1 hal 6-15.

Nahdi, Dede Salim. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 4, No. 1, Hal 13-22.

Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Wu-Yuin Hwang, et. al., (2007). “Multiple Representation Skills and Creativity Effects onMathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System”, Educational Technology& Society, Vol. 10 No. 2, International Forum of Educational Technology & Society (IFETS),p. 209




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/je.v4i2.1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.