Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Hamni Fadlilah Nasution

Abstract


Pemahaman matematis mahasiswa terhadap konsep-konsep yang diberikan masih rendah serta mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi apa yang diketahui dari soal yang diberiukan.. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam matakuliah matematika ekonomi yang berkaitan dengan fungsi peawaran dan permintaan. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis mahasiswa untuk matematika ekonomi dengan materi mengambarkan fungsi penawaran dan permintaan masih kurang. Kemampuan pemahaman untuk soalr satu hanya mencapai 42,5% mahasiswa berada pada kategori baik dan sangat baik dan Soal nomor dua hanya 37,5%. Hal ini disebabkan kebanyakan mahasiswa tidak paham untuk menentukan yang diketahui dari soal cerita yang diberikan tentu menunjukkan kurang pemahaman mahasiswa untuk mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari. Jadi ini menunjukan indikator pemahaman matematis yaitu koneksi masih lebih rendah sibandikang dengan kemampuan pemahamam komputasi.


Full Text:

PDF

References


Haris, Abdul Jihad, & Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Heris Hendriana & Utari Sumarno. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Kemenkeu. (2019, September 3). Untuk Menjadi Ekonom Ada 5 Skill Yang Harus Dimiliki. https://www.forumpublik.com/2019/09

Lessa Roesdiana & Nita Hidayati. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2 Nomor 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.1405900

Melinda Rismawati & Anita Sri Rejeki Hutagaol. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4 Nomor 1. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17

Nana Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan ke 21). PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Soni Akhmad Nulhaqim, R. Rudy Heryadi, Ramdahan Pansasilawan, & Muhammad Fedryransyah. (2018). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Menghadapi ASEAN Community. Social Work Jurnal, 6 Nomor 2, 154–272.

Yohannes Enggar Harususilo. (2019, Januari 29). 9 Hasil Capaian Kemenristekdikti 2018. Kompas. https://edukasi.kompas.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i1.3058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â