Tinjauan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika

Kintoko Kintoko

Abstract


Dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah adalah matematika. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang ada sejak pendidikan dasar dan dapat membentuk pola pemikiran yang logis, sistematis, kritis, dan kreatif. Matematika pada dasarnya merupakan ilmu yang sistematis dan terstruktur sehingga dapat mengembangkan sikap berpikir kreatif dan memecahkan masalah secara urut atau sistematis. Dalam aktivitas pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif diperlukan ketika menganalisis atau mengidentikasi masalah, memandang masalah dari berbagai perspektif, mengeksplorasi ide-ide atau metode penyelesaian masalah, dan mengidentifikasi berbagai kemungkinan solusi dari masalah tersebut. Meskipun aktivitas pemecahan masalah berperan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, tetapi tidak semua jenis masalah mempunyai potensi demikian hanya masalah terbuka yang memicu siswa untuk secara kreatif mengeksplorasi berbagai cara atau solusi dari masalah tersebut.


Full Text:

PDF

References


Alexander, K. L. (2007). Effects Instruction in Creative Problem Solving on Cognition, Creativity, and Satisfaction among Ninth Grade Students in an Introduction to World Agricultural Science and Technology Course. Disertasi pada Texas Tech University. [Online]. Tersedia:http://etd. lib.ttu.edu/theses/available/etd-01292007-144648/unrestricted/Alexander_ Kim_Dissertation.pdf.[ 24 April 2017].

Baroody, A. J. dan Niskayuna, R. T. C. (1993). Problem Solving, reasoning, and communicating, K-8. Helping children think mathematically. New York: Merril, an Impirit of MacMillan Publishing Company.

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Harris, R. (1998). Introduction to Creative Thinking. [Online] Tersedia: http://www.virtualsalt.com/crebook1.htm. [24 April 2017]

Hartono. (2009).Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif danAplikasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Open-Ended denganKonvensional di Sekoalah Menengah Pertama. Disertasi. SPS. UPI.Tidak Dipublikasikan.

Hashimoto, Y. (1997). The Methods of Fostering Creativity through Mathematical Problem Solving. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM) – The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Tersedia http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a5.pdf. [24 April 2017]

Hwang, Wu-Yuin, Chen, Nian-Shing, Dung, Jian-Jie, dan Yang, Yi-Lun. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. International Forum of Educational Technology & Society Journals. ISSN 1436-4522. [Online]. Tersedia: http://www.ifets.info/abstrack.php. [24 April 2017].

Mann, E. L. (2005). Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. Disertasi University of Connectitut. [Online]. Tersedia: http://www.gifted.uconn.edu/ siegle/Dissertations/Eric%20Mann.pdf". [24 April 2017]

McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press.

McIntosh, R, Jarret, D, & Peixotto, K. (2000). Teaching Mathematical Problem Solving: Implementing The Visions. [Onlne]. Tersedia: http://www.nwrel.org/msec/images/mpm/pdf/monograph.pdf. [24 April 2017].

Montague, M. (2007). Math Problem Solving for Middle School Students with Disabilities. [on-line]. Avaliable: http://www.k8accesscenter.org/training_ resources/MathProblemSolving.asp. [26 Mei 2008].

Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: RinecaCipta.

Nakin, J. B. N. (2003). Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi University of South Africa. [Online]. Tersedia: http://etd.unisa.ac.za/ETD-db/theses/available/etd-04292005-151805/unrestricted/00thesis.pdf. [24 April 2017].

National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Park, H.. (2004). The Effects of Divergent Production Activities with Math Inquiry and Think Aloud of Students With Math Difficulty. Disertasi. [Online] Tersedia: http://txspace.tamu.edu/bitstream/1969.1/2228/1/etd-tamu-2004. [24 April 2017]

Pehkonen, E. 1997. Fostering of Mathematical Creativity. http://www.ncert.nic.in/pdf_files/Lalit%20Kumar.pdf Diakses tanggal 25 April 2017.

Pehnoken, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. [Online] Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM) – The International Journal on Mathematics Education. Tersedia :http://www.emis.de/journals/ ZDM/zdm973a1.pdf . [24 April 2017]

Siswono, Y.E. T. (2004). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif dalamPengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika.Berpandu dengan model Wallas dan Creative ProblemSolving (CPS). Jurusan Matematika FMIPA Unesa.

Suharso & Retnoningsih, A. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Widya Karya.

Sukmadinata, N. S, (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung:Kusuma Karya.

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Inteleqtual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung. Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Yudhanegara, M. Ridwan & Karunia Eka L. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â