Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP

Rifqi Hidayat, Jajang Rahmatudin, Ade Sriwahyuni

Abstract


Penelitian ini mengkaji hubungan antara penerapan model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMP pada umumnya, khususnya siswa SMPN 2 Sedong Kabupaten Cirebon. Hasil tes kemampuan awal literasi matematis yang dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Sedong pada kelas VII, VIII, dan IX menunjukkan bahwa, kemampuan literasi matematis pada siswa kelas VIII tergolong rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi. Metode ini digunakan untuk melihat seberapa kuat dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap literasi matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sedong Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019, sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sedong Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala disposisi matematis dan lembar tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP, serta model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh sebesar 37,8% terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Gunardi, E. 2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP Pangudi Luhur Moyudan Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Indah, dkk. (2016). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem based learning di kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2 ISSN: 2581-172X.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Maryanti. (2012). Peningkatan Literasi Matematika Peserta Didik Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

OECD. (2013a). PISA 2012: Assessment and Analitical Framwork: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use?. Journal of Mathematics Education Vol.4, No. 1., pp. 89-100.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Wardhani, S., dan Rugmiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Yogyakarta: P4TK Matematika




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rifqi Hidayat, Jajang Rahmatudin, Ade Sriwahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â