Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Melalui Problem Based Learning

Ida Kurnia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah. Initerlihat dari nilai hasil ulangan siswa kelas IV di SD Negeri Cisoka yaitu 12 siswa atau 57,14% yangmemperoleh nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)dan 9 siswa atau42,86% yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika melaluiPenelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDNegeri Cisoka dengan jumlah 21 siswa terdiri dari11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan perolehan hasil belajar siswa pada datanilai ulangan harian semester 1 rata-ratanya 60,95 dengan persentase ketuntasanbelajar 42,86% meningkat pada siklus I rata-rata 69,87 dengan persentaseketuntasan belajar 61,90% dan meningkat pada siklus II rata-rata 80,64 denganpersentase ketuntasan belajar sebesar 80,95%

Full Text:

PDF

References


Barrows, Howard S., & Tamblyn, M.D. Robyn. (1980). Problem-Based Learning An Approach to Medical Education. Springer Publishing Company. New York

Kusumah, et. All. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Indeks.

Marra, R., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why problem-based learning works: Theoretical foun-dations. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 221-238

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Simone, Christina De. (2014). Problem-Based Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 4,No. 12; October 2014

Wardhani, Sri dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ida Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â