ANALISIS UNSUR PENOKOHAN DAN PESAN MORAL DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

Didis Ariesandi

Abstract


Pembelajaran apresiasi sastra Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan perlu dipelajari lebih dalam, mulai dari Sekolah Dasar sampai ke perguruan Tinggi. Tujuan pembelajaran sastra adalah agar  siswa mampu menikmati, menghayati, memahami dan memanfaatkan karya sastra untuk menumbuh kembangkan kepribadiannya, memperluas wawasan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa melalui kegiatan berapresiasi dan berekspresi dengan cara membuat suatu karya sastra yang indah. Penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah penokohan dan pesan moral novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana karakter penokohan yang diperlihatkan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata? (2)Pesan moral apa yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata? (3)Berdasarkan pesan moral itu, apakah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dengan aspek pengajaran dan pembelajaran seperti kurukulum, bahan pengajaran edukatif, religius dan pesan moral yang berlaku di masyarakat, dapat dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Teknik pengolahan data dalam penelitian ini, penulis meneliti apakah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata tersebut memiliki unsur penokohan dan pesan moral yang baik, dan dapat di realisasikan pada kehidupan sehari-hari, serta dapat dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA.

 

Kata Kunci: unsur penokohan, pesan moral, novel sang pemimpi


Full Text:

PDF (20-41)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.