MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE DRIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Engkos Kosasih

Abstract


Model pembelajaran google drive, dipilih sehubungan dengan semakin popularnya penggunaan internet oleh para mahasiswa itu sehingga kompetensi mereka dalam bidang tersebut selayaknya untuk lebih dioptimalkan, khususnya dalam kepentingan tulis-menulis karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni dengan mengujicobakan proses belajar mengajar menulis artikel dan mengkaji pengaruh model tersebut terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel. Pelaksanaan model ini terdiri atas lima tahap yang dilakukan secara tatap muka di kelas dan secara online, yaitu a) persiapan yang terdiri atas kegiatan menentukan masalah, merumuskan judul, menentukan garis-garis besar materi, dan mengumpulkan bahan sebagai sumber referensi; b) penulisan; c) penyuntingan; d) silang baca; dan e) revisi. Adapun hasilnya ternyata bahwa model pembelajaran menulis akademik berbasis google drive dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel mahasiswa di kelas eksperimen. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata nilai di kelas eksperimen. Pada praperlakuan rata-rata nilai mahasiswa adalah 60,35 meningkat pada pascates menjadi 84,11.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, google drive, keterampilan menulis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.