PELANGGARAN MAKSIM KESANTUNAN DALAM PERCAKAPAN PADA VIDEO KARTUN ANIMASINOPAL DI YOUTUBE

Qhoriana kikiariski, Arum Gati Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja pelanggaran maksim kesantunan yang terdapat dalam percakapan pada video kartun Animasinopal di Youtube. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah video kartun Animasinopal di Youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui teknik simak, rekam, dan catat. Sumber data pada penelitian ini adalah video kartun Animasinopal di Youtube. Hasil dari penelitian ini adapun pelanggaran prinsip sopan santun yang paling banyak ditemui yaitu pelanggaran maksim kemurahan sebanyak 16 tuturan. Sedangkan pelanggaran maksim kesopanan yang paling sedikit ditemui yaitu pelanggaran maksim penerimaan dan kerendahan hati yang masing-masingnya hanya terdapat 1 pelanggaran saja.

Kata kunci: Kesantunan berbahasa, bentuk-bentuk pelanggaran maksim, kartun Animasinopal 

This study aims to describe what are the violations of politeness maxims contained in conversations on Animationnopal cartoon videos on Youtube. The approach used in this research is qualitative. The source of the data for this research is Animationnopal cartoon videos on YouTube. This study uses a qualitative approach, the data collected through observing, recording and note-taking techniques. The results of this study are that the most dominant violation of the principle of courtesy is the violation of the maxim of generosity in 16 utterances. While the least dominant violation of the politeness maxim is the violation of the maxim of acceptance and humility, each of which only has 1 violation. and apply politeness in language to partners. he said, both to the younger, peers, and older.

Keywords: Politeness in language, forms of violation of maxims, Animationnopal cartoon

 

Full Text:

PDF (525-534)


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i2.4877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.