ANALISIS IKON, INDEKS, DAN SIMBOL DALAM NOVEL “KEMARAU†KARYA A.A. NAVIS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR

Nur Azizah Putri Permatasari, Dindin Dindin, Setiawan Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan perserta didik dalam membedakan tanda ikon: indeks: dan simbol serta peserta didik mengalami kesulitan untuk mengungkapkan makna pada novel melalui analisis isi dan kebahasaan novel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna ikon, indeks dan simbol menggunakan kajian semiotika Charles Sanders Peirce sekaligus mengetahui novel Kemarau karya Ali Akbar Navis dapat dijadikan bahan ajar bahasa Indonesia kelas XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dipaparkan tidak berupa angka-angka, melainkan berupa deskripsi atau kata-kata. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah buku novel Kemarau karya Ali Akbar Navis. Hasil dari penelitian ini berupa deskripsi makna Ikon, Indeks dan Simbol. Total keseluruhan data yaitu 65 data yang terbagi menjadi 10 temuan data ikon, 26 temuan data indeks, dan 29 temuan data simbol. Hal ini menunjukan bahwa pada novel Kemarau karya Ali Akbar Navis ini memiliki lebih banyak tanda simbol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa buku novel Kemarau karya Ali Akbar Navis dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk materi isi dan kebahasaan novel dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XII, dengan dilandaskan pada hasil  penelitian dan persetujuan dari judgment expert.


Full Text:

PDF (723-729)

References


A.A. Navis. (2018) Kemarau. Jakarta: PT Grasindo.

Hidayati. (2010). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: PRISMA PRESS Prodaktama.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. (1998). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta : GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : UGM.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Umaya, Ambarini. (2012). Semiotika Teori Dan Aplikasi Pada Karya Sastra. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i2.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.