PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN TEKNIK DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR

Moh. Zamroni, Nurul Muttaqien, Rahmawan Octavianto

Abstract


Sulitnya siswa sekolah dasar Islam menguasai keterampilan berbicara bahasa arab disebabkan oleh beberapa hal diataraya, kurangnya kosa kata, kurangnya pemahaman tentang tata bahasa serta kurangnya teknik pembelajaran guru dalam mengajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa melalui pendekatan komunikatif dengan teknik diskusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterempilan berbicara bahasa arab pada setiap siklus , siklus I dega persetase 45,8 %, da pada siklus II 79,2 %,


Full Text:

PDF (109-116)

References


Aflisia, N., & Hazuar, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 111.

Ahmad, M. (2019). Pemanfaatan aplikasi daring media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa arab berbasis ICT (Information and communication technologies). Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 05(02), 135–142. https://www.academia.edu/download/61058605/Muh._Murtaqi_Makarima_-_UTS_Media20191029-39177-ygsk96.pdf

Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90. http://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/7%0A

Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 6(1), 1–25. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966

Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 13. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V Sd Padurenan Ii Di Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Kubanglaban. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 43. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2459

Muljono, P. (2006). Kajian Relevansi Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Pengembangan Teknologi Masa Depan di Indonesia. Jurnal Penyuluhan, 2(3).

Murhaini, S. (2016). Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi. Laksbang Pressindo.

Ningrum, A. S. (2021). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Komunikatif. … Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 93–98. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41227

Nurfadilah, P. S. (2018). Disrupsi Teknologi, Ini Beberapa Sektor Pekerjaan yang Akan Menyusut. Kompas. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/21/052000926/disrupsi-teknologi-ini-beberapa-sektor-pekerjaan-yang-akan-menyusut

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Saribu, A., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(1), 6. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8299

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD …, 1, 74–79. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4703

Tikollah, M. R., & Hasyim, S. H. (n.d.). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.

Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 179–190. http://103.114.35.30/index.php/lingua/article/view/3102

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Sarwahita, 11(1), 1. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01

Zarkani, M. (2022). Metode Klasik dan Modern Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 7(02), 127–139.

Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168–2178. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1123




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i1.4557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.