PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

Ima Siti Rahmawati

Abstract


Penelitian ini beranjak dari tiga permasalahan: Bagaimana aktivitas pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model kontekstual? Apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan deskripsi pada kelas kontrol dengan menggunakan model ceramah dan kelas eskperimen dengan menggunakan model kontekstual pada pengukuran akhir (posttest)? Bagaimana karakteristik karangan deskripsi hasil kerja siswa menggunakan model kontekstual? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-1 dan X-3 SMAN 1 Sukahaji. Desain penelitian yang digunakan adalah Quacy Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Pretes-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model kontekstual termasuk kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan pada hasil observasi pada kelas eksperimen bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama termasuk kriteria cukup, dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi kriteria sangat baik. Sementara itu untuk kelas kontrol  pada pertemuan pertama termasuk dalama  kriteria cukup dan pada pertemuan kedua termasuk kriteria baik. Terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan deskripsi pada kelas kontrol dengan menggunakan model ceramah dan kelas eskperimen dengan menggunakan model kontekstual hal ini dapat dilihat pada pengukuran akhir (posttest). Berdasarkan skor posttest diketahui peningkatan rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi kelas eksperimen termasuk kategori sedang, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah. Karakteristik karangan deskripsi hasil kerja siswa dengan menggunakan model kontekstual sudah memperlihatkan hasil yang baik.

Kata kunci: model kontekstual, menulis, karangan deskripsi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.