ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL MANTINGAN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR

Awit Setiawati, H.R. Herdiana, Andri Noviadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Mantingan Kabupaten Ngawi Jawa Timurâ€. Masyarakat dalam proses komunikasi dan interaksi menimbulkan berbagai gejala pada penggunaan bahasanya. Salah satunya yaitu peristiwa alih kode dan campur kode yang terjadi pada saat komunikasi berlangsung baik formal maupun informal. Alih kode adalah peralihan bahasa dari bahasa yang satu ke Bahasa yang lainnya dikarenakan kondisi tertentu dan campur kode yaitu masuknya unsur bahasa lain kedalam bahasa yang digunakan. Latar belakang penelitian ini yaitu dalam penggunaan bahasa di masyarakat sering ditemukannya peralihan bahasa dan pencampuran bahasa, hal ini karena adanya kontak antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lainnya. Terjadinya alih kode dan campur kode karena masyarakat mampu menggunakan dua bahasa atau lebih yang disebut bilingualitas. Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan karakteristik alih kode dan campur kode yang ditemukan dalam tuturan penjual dan pembeli di Pasar Tradisional Mantingan Kabupaten Ngawi Jawa Timur dalam proses interaksi jual beli serta faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode dan campur kode. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif artinya data yang dianalisis dan hasil penelitian hanya menggambarkan dan menjelaskan tidak berbentuk angka-angka.

Kata kunci : alih kode, campur kode


Full Text:

PDF (495-503)

References


Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul & Agustina, Leonie.2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal.Jakarta: Rineka Cipta.

Marsita, Neni. 2019. Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Penjual dan Pembeli Sayur di Pasar Baru Majenang Kabupaten Cilacap. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ciamis.

Ohoiwutun, Paul.2007. Sosiolinguistik Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan, Jakarta: Kesaint Blanc.

Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Indriyani, Yekti. 2019. Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Prembun Kabupaten Kebumen (Sebuah Kajian Sosiolinguistik). Jurnal bahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya. Vol 6 (12).

Laiman, Akhiri, Ngudining Rahayu, dan Catur Wulandari. 2018. Campur Kode dan Alih Kode dalam Percakapan di lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 2 (1), 45-55.

Susmita, Nelvia. 2015. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. Vol 17 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.4135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.