PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS AUDIO VISUAL DAN KOMIK STRIP DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI SMA

Hilima Luthfia, Hera Wahdah Humaira, Fauziah Suparman

Abstract


Guru perlu menciptakan pembelajaran yang menarik di kelas, demi terciptanya aktivitas belajar yang menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis audio visual dan komik strip dengan metode guided discovery learning dalam pembelajaran menulis resensi siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. LKS diujicobakan kepada 32 siswa di SMA. LKS yang dihasilkan terbukti sangat valid dengan rata-rata nilai 90% dan kepraktisan LKS berdasarkan respon siswa dan guru terbukti 88,42% berkategori sangat praktis. Selain itu, LKS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil analisis N-Gain terhadap nilai pretest dan posttest siswa menghasilkan bahwa LKS terbukti efektif dengan memperoleh nilai N-Gain 0,715.

Kata Kunci: R&D, Lembar Kerja Siswa, Guided Discovery Learning, Audio Visual, Komik Strip. 

Teachers need to create interesting learning in the classroom, for creating fun learning activities. One of them is by using learning media that is adapted to the characteristics of students. This study aims to develop Student Worksheets based on audio-visual and comic strips with guided discovery learning methods in learning to write reviews for class XI high school students. The type of research used is research and development (R&D), using the ADDIE development model, namely Analysis, design, development, implementation, and evaluation. The Student Worksheets was tested on 32 students in high school. The resulting of Student Worksheets proved to be very valid with an average value of 90% and the practicality of the Student Worksheets based on student and teacher responses proved to be 88.42% categorized as very practical. In addition, the Student Worksheets proved to be effective in improving student learning outcomes, based on the results of the N-Gain analysis of the students' pretest and posttest scores, which showed that the Student Worksheets proved effective by obtaining an N-Gain score of 0.715

Keywords: R&D, student worksheet, guided discovery learning, audio visual, comic strip


Full Text:

PDF (545-554)

References


Diah P, Santika Lya.(2021).Modul Workshop Pembelajaran Matematika 1. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Faridah, Eva Siti.(2021).Pengembangan Metode Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19.Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Hamid, Mustofa Abi, Dkk.(2020).Media Pembelajaran.Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hasan, Muhammad, Dkk.(2021).Pengembangan Media Pembelajaran.Sukoharjo: Tahta Media Grup.

Hasibuan, Afifah Zahrah Okktaviani.(2017).“Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Perbaunganâ€. Masters thesis, UNIMED.

Hidayat, Hanan Titis.(2021).â€Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran dengan Penggunaan Media Audio Visual Smp Nurul Huda Kepatihanâ€. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) 5 (5, 344-357).

Kadir, Herson, dan Lian Puluhulawa.(2013).Pias-Pias Materi Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas XII SMA/MA.Yogyakarta: Deepublish.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2007).Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.Jakarta: BSNP.

Kosasih, E.(2021).Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Mashun.(2014).Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Munirah.(2019).Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf.Yogyakarta: Deepublish.

Pakpahan, Andrew Fernando, dkk.(2020).Pengembangan Media Pembelajaran.Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pramesti, Santika Lya Diah, Dkk.(2021).Modul Workshop Pembelajaran Matematika 1.Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Rahmah, Nur.(2021).Pengembangan Media Pembelajaran.Sukoharjo: Tahta Media Group.

Sakila.(2019).Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP.Penerbit Online Guepedia.

Sumiharsono, Rudy, dan Hisbiyatul Hasanah.(2017).Media Pembelajaran.Tegal: PT Pustaka Abadi.

Siregar, Putra Apriadi, dkk.(2020).Promosi Kesehatan Lanjutan dalam Teori dan Aplikasi.Jakarta: Kencana.

Susana, Afria.(2019).Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif.Bandung: Tata Akbar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.3939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.