PROBLEMATIKA BAHASA INDONESIA YANG KURANG DIMINATI OLEH PESERTA DIDIK

Farah Failasufa, Haryadi Haryadi, Agus Nuryatin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa permasalahan yang menjadikan mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang diminati oleh peserta didik dan bagaimana solusinya. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ini dengan membaca berulang-ulang dan mencatatnya. Hasil dari penelitian ini adalah, faktor permasalahan pembelajaran yang berasal dari dalam diri peserta didik sendiri, yaitu peserta didik yang malas dalam belajar, asik dengan dirinya sendiri dan temannya, serta tidak memperhatikan penjelasan pendidik. Faktor yang berasal dari lingkungan sekolah meliputi kurangnya fasilitas yang mendukung peserta didik dalam pembelajaran, serta kurangnya bimbingan tambahan secara intens terhadap peserta didik. Ditemukan solusi dari permasalahan tersebut, yang pertama yaitu solusi pendidik terhadap karakter peserta didik dan solusi sarana.

Kata kunci: problematika, pembelajaran, bahasa Indonesia, sastra Abstract

The purpose of this study is to describe some of the problems that make Indonesian subjects less attractive to students and how to solve them. This study used descriptive qualitative method. This data collection technique is by reading it over and over again and taking notes. The results of this study are learning problem factors that come from within the students themselves, namely students who are lazy in learning, busy with themselves and their friends, and do not pay attention to the teacher's explanation. Factors originating from the school environment include the lack of facilities that support students in learning, as well as the lack of additional intensive guidance for students. Solutions to these problems were found, the first of which was the educator's solution to the character of the students and the facility solution.

Keywords: problematic, learning, Indonesian language, literature


Full Text:

PDF (539-544)


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.3926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.