PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENULIS TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Beslina Afriani Siagian, Elida Gries Simbolon, Kartini Bangun, Sara Sidabutar, Adella Girsang

Abstract


Abstrak

Kebutuhan dan kemampuan setiap peserta didik berbeda satu sama lain. Pembelajaran berdiferensiasi digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut sehingga tercapai kompetensi dasar dalam kurikulum. Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks persuasi. Untuk itu, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Sampel yang dteliti berjumlah 42 orang dari kelas VII SMP Gajah Mada Medan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh postes 83,09, sedangkan pretes 60,11. Pengolahan data statistik pada uji hipotesis menunjukkan bahwa dengan thitung = 2,845 apabila dibandingkan pada harga ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,021 menunjukkan thitung > ttabel (2,845>2,021).  Perbandingan tersebut mengartikan bahwa Ha berterima, namun H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat tepat diterapkan dalam menulis teks persuasi.  Kebutuhan belajar siswa yang berbeda dapat difasilitasi dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Full Text:

PDF (386-394)

References


Djamarah, & Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heacox, D. 2003. Differentiating Instruction In The Regular Classroom: How To Reach and Teach All Learners, grades 3-12. Minneapolis, MN: Free Spirit Publishing Inc.

Marlina. (2019). Buku Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 2019. Padang : PLB FIP Universitas Negeri Padang.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IX-B Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 80-94

Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Tabelessy, I. dkk. 2019. Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16(2):35-44. doi:10.30598/tahurivol16issue2page35-36

Tomlinson, C. A. (2001). How To Differentiate Instruction IN Mixed-Ability

Wijayanti, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Bandung: Raja Grafindo

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.3848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.