KEEFEKTIFAN ALAT PENILAIAN MEMBACA PEMAHAMAN BERBANTUAN APLIKASI TESTMOZ

R. Mekar Ismayani, Yesi Maylani Kartiwi

Abstract


Salah satu dampak revolusi industri 4.0 dalam bidang pendidikan yaitu proses penilaian yang memanfaatkan media ICT. Penilaian memiliki posisi yang strategis dalam usaha peningkatan kualitas pembelajaran dan lulusan pendidikan pada tiap jenjang sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keefektifan alat penilaian membaca pemahaman berbantuan aplikasi testmoz pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan tes dan nontes berupa angket, validasi ahli serta populasi sampel sebanyak 100 siswa SMK kelas XI. Berdasarkan hasil pengolahan uji coba soal bahwa 30 soal membaca pemahaman layak digunakan untuk siswa kelas XI, dengan validasi ahli baik, serta realibilitas sangat tinggi, dan tingkat kesukaran proporsional. Sementara, dari hasil angket diperoleh nilai rata-rata 73%. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan aplikasi testmoz memberikan suasana baru dalam ujian, serta 30 soal membaca pemahaman sudah sesuai dengan indikator membaca pemahaman dan efektif digunakan sebagai alat penilaian untuk membaca pemahaman.

Kata Kunci: alat penilaian, membaca pemahaman, aplikasi testmoz


Full Text:

PDF (230-237)

References


Ardhana, I, A. (2020). Penggunaan Tes Online “Testmoz†Terintegrasi dengan Googleclassroom sebagai Alternatif Alat Penilaian Pembelajaran Daring. Jurnal Andragogi. Vol.8, No.2. E-ISSN 2623-1190.

Ariawan, Niken& Rahman. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model CIRC berbantu media cetak. Journal of Islamic Primary Education, Vol 1 (2), ISSN 2615-5605.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiarti, W,N & Haryanto. (2016). Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 4, No. 2.

Daryanes, F & Deci R. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada mahasiswa. Jurnal of Natural Science and Intergration (JNSI). Vol 3., No.2,. E-ISSN 2620-5092.

Putri, Y, D, & Renny, D. (2021). Pengembangan alat evaluasi berbantuan aplikasi android pada mata pelajaran penataan produk kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol 9,. No. 1. ISSN 2337-6078.

Sari, E, I, Cicih, W& Dhi B. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Jurlnal Educatio. Vol. 7., No.1. P-ISSN 2459-9522.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Taufik, Susiati&Nur. (2019). Strategi AMBT untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Sang Pencerah. Vol 5 (2). E-ISSN 2655-2906




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i1.3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.