PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM KOLABORATIF BERBANTUAN APLIKASI PENGOLAHAN KATA DARING

Yeni Rostikawati, Restu Bias Primandhika, Aurelia Sakti Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah Isu-Isu Global Pendidikan Bahasa dalam mempersiapkan isu-isu yang diminati untuk penelitian masing-masing mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini, flipped classroom didefinisikan sebagai salah satu metode pengajaran yang mengutamakan mahasiswa mempelajari materi pembelajaran terlebih dahulu kemudian didiskusikan pada saat jam mata kuliah berlangsung. Materi yang diberikan adalah berupa bab dari buku sumber, video presentasi kelompok dan video pembelajaran lainnya. Pada saat kelas tatap maya, pengajar meninjau kembali (review) materi, membahas tugas atau latihan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa yang masih belum mengerti tentang materi yang diberikan. Sedangkan mahasiswa datang ke kelas diharapkan sudah mendapatkan pemahaman mengenai materi yang disampaikan. Metode ini dicoba diterapkan untuk mengatasi keterbatasan waktu yang diberikan untuk mata kuliah ini, yaitu hanya 1x seminggu selama 2 SKS perkuliahan (50 menit). Diharapkan dengan diimplementasikannya metode ini keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas meningkat dan dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan.

Full Text:

PDF (14-22)

References


Akçayır, G. & Murat A. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers & Education, Volume 126. Pages 334-345

Basal, A. (2015). The implementation of a flipped classroom in foreign language teaching. Turkish Online Journal of Distance Education, 16(4), 28-37.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International society for technology in education.

Borg. W.R. & Gall, M.D. (1983) Educational Research: An Introduction, New York: Longman.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2008). Learning by viewing versus learning by doing: Evidenceâ€based guidelines for principled learning environments. Performance Improvement, 47(9), 5-13.

Evseeva, A & Anton S. (2015). Use of Flipped Classroom Technology in Language Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Volume 206. Pages 205-209.

Fitria, R. (2015). Blended Learning dan Strategi Flipped Classroom. Tugas Mata Kuliah. Tidak dipublikasikan. Slorok: Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Lage, M. J., Platt, G. J., & Treglia, M. (2000). Inverting the classroom: A gateway to creating an inclusive learning environment. The journal of economic education, 31(1), 30-43.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i1.3613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.