EKSISTENSI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Luthfia Annisa Zahra, Nur Ngaeni, Nur Syamsiyah

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk meneliti bagaimana proses pembelajaran jarak jauh yang saat ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah melarang semua jenjang pendidikan untuk melakukan pembelajaran tatap muka dan memberlakukan pembelajaran jarak jauh secara daring. Penggunaan teknologi digital dapat membantu pelajar untuk tetap memungkinkan melaksanakan proses pembelajaran di tempat yang berbeda-beda. Penggunaan K13 dalam masa pandemi juga membuat seluruh stakeholder sekolah bekerja sama untuk menjalankan kurikulum sesuai yang telah ditetapkan, terlebih dengan adanya perubahan di masa pandemi sekarang. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kepustakaan, metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mempelajari data yang diambil dari berbagai sumber baik berupa buku maupun hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain adanya berbagai hambatan yang terjadi saat pembelajaran jarak jauh dilakukan, penerapan K13 juga dapat berjalan lancar meskipun melalui berbagai perubahan metode yang menyesuaikan keadaan pandemi saat ini, serta pelaksanaan penilaian tetap seperti biasanya yakni afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Kata kunci: pembelajaran jarak jauh, K13, pandemi covid-19

 

This paper aims to examine how the distance learning process is currently carried out during the Covid-19 pandemic. In accordance with the circular issued by the Ministry of Education and Culture, the Government prohibits all levels of education to conduct face-to-face learning and enforce distance learning online. The use of digital technology can help students to still allow the learning process in different places. The use of K13 in the pandemic period also makes all school stakeholders work together to carry out the curriculum as has been established, especially with changes in the current pandemic period. The method used in writing this article is literature, a method that is done by collecting and studying data taken from various sources both in the form of books and the results of previous research. The results of the study obtained include various obstacles that occur when distance learning is carried out, the application of K13 can also run smoothly although through various changes in methods that adjust the current pandemic conditions, as well as the implementation of fixed assessments as usual, namely affective, cognitive, and psychomotor.

Keywords: distance learning, K13, pandemic covid-19


Full Text:

PDF (116-125)

References


Darmadi, dkk. 2021. Implementasi Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi COVID-19. Bangkinang: INNOVATIVE, Vol. 1, No.2.

Fikri, Muhammad., et. al. 2021. Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Tapanuli Selatan: Journal Education and Developmen, Vol.9 No.1.

Firdaus. 2020. Implementasi dan Hambatan pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Sukabumi: UTILE, Jurnal Kependidikan, Vol. VI, No. 2.

Gunandi, Dede., et. al.. 2021. Peran Tenaga Pendidik dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Era Covid-19. Palopo: KELOLA, Vol 6, No.1.

Hidayat, Ulinniam dkk. 2021. Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemmi pada SMK IBS TATHMAINUL QULUUB INDRAMAYU. Bandung: Jurnal Pendidikan Indonesia.

Kemdikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Jakarta: Kemdikbud.

Machfud, Mochammad. 2021. Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Tarakan. NTB: CENDEKIA, Jurnal Ilmu Pengatahuan, Vol. 1, No.4.

Mahendra, Ambarwati. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.

Maulidina, Firda. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19: Studi Kasus Terhadap Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 3 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Novianti, Dwi Erna. 2020. Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19, Apa dan Bagaimana?, Bojonegoro: Prosiding Nasional Pendidikan.

Pusdatin Kemdikbud. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Belajar di Rumah Masa Covid-19. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sabaniah, Siti, dkk. 2021. Peran Guru dalam Pelaksaaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Aceh: EDUNESIA, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2, No.1.

Safitri, Alvira Oktavia, dkk. 2022. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Riau: Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022.

Yasir, Saddam, dkk. 2021. Penerapan Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP IT AD-DURRAH MEDAN. Jombang: Ilmuna, Vol.3, No.1 Maret.

Zahrawati, Fawziah dan Indah. 2021. Penerapan Pembelajaran Daring dengan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemik COVID-19 di SMA Negeri 1 Nunukan. Sulawesi Utara: Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FITK] IAIN Manado Volume 15 No 1 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i1.3585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.