ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA DUA TAHUN DARI SEGI SINTAKSIS MENGGUNAKAN KAJIAN MEAN LEIGHT OF UTTERENCE (MLU)

Muhammad Rizqi Fatahilah, Hendra Setiawan

Abstract


Bahasa merupakan sistem arbiter yang digunakan manusia untuk berkomunikasi. Manusia saling memahami satu sama lain dari bahasa yang diucapkannya. Penelitian ini dilakukan pada seorang anak yang berusia dua tahun. Anak ini bernama Ziyad Zafran Nugraha anak dari Bapak Heldi Nugraha dan Ibu Yati. Penelitian dilakukan untuk melihat kemampuan anak tersebut dalam berbicara dalam tiap ujarannya. Penelitian ini menggunakan teknik kajian Mean Length of Unterenncce (MLU). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam kata-kata yang disampaikan oleh si anak dengan menggunakan telepon genggam. Metode yang digunakan adalah metode sadap dan catat, kemudian hasil rekaman dituliskan dan dianalisis. Cara menganalisis dengan melihat morfem dan sintaksis yang dipakai oleh anak.

Kata kunci: Pemerolehan bahasa, Mean Length of Unterenncce (MLU), Morfem

 

Language is an arbitrary system used by humans to communicate. Humans understand each other from the language they speak. This study was conducted on a child who was two years old. This child is named Ziyad Zafran Nugraha, the son of Mr. Heldi Nugraha and Mrs. Yati. The study was conducted to see the child's ability to speak in each utterance. This research uses the Mean Length of Unterence (MLU) study technique. The data collection technique was done by recording the words conveyed by the child using a mobile phone. The method used is the tapping and recording method, then the recording results are written down and analyzed. How to analyze by looking at the morphemes and syntax used by children.

Keywords: Language acquisition, Mean Length of Unterence (MLU), Morpheme


Full Text:

PDF (109-115)

References


Arnianti, A. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA, 1(1), 139-152.

Bambang, E. D. G. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Ruang Publik Di Gianyar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(2), 156-162.

Darjowodjojo, S. (2010). Psikolinguistik : Pengatar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dasuki, S. (2015). Pemakaian bahasa Indonesia dalam ruang publik di Kota Surakarta.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Lentera, 17(1).

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152-166.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2021). Nilai-Nilai Humanisme dalam Puisi Bertema Palestina Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 93-101.

Koentjaraningrat. (2005). Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Manik, D., Oktavianda, R., & Lubis, F. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak (Kajian Mean Length Of Utterence ‘MLU’) Farzan Zefa Marpaung (Anak Usia Tiga Tahun Enam Bulan). Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 113-118.

Muzaiyanah, M. (2013). Perkembangan Bahasa pada Anak. Wardah, 14(1), 25-33.

Nasution, R. S. (2019). Analisis Pemerolehan Sintaksis Menggunakan Teknik MLU (Meant Lenght Of Utterence) Pada Anak Usia 5 Tahun. Bahastra: Jurnal Penerbitan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2), 113-118.

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini.

Pertiwi, A., & Mulyono, M. (2021). Penggunaan Bahasa di Ruang Publik Kota Jombang Sebagai Kota Santri (Kajian Linguistik Lanskap). Bapala, 8 (3), 146-156.

Sebayang, S. K. H., & Kurnia, S. (2018). Analisis pemerolehan bahasa pertama (bahasa melayu) pada anak usia 3 tahun. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 106-114.

Simanjuntak, M. (2017). Pemerolehan Bahasa Anak (Kajian Mean Length of Utterence ‘MLU’) Luzca Fortunata Roito Situmorang (Anak Usia Satu Tahun Sebelas Bulan). Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 4(1).

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273.

Sulaiman, Z. (2020). Kajian Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Enam Bulan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 110-115.

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89.

Tarigan, H. G. (2009). Psikolinguistik. Bandung: CV Angkasa

Yogatama, A. (2011). Pemerolehan bahasa pada anak usia 3 tahun ditinjau dari sudut pandang morfosintaksis. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 1(1), 66-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i1.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.