Analisis Kendala Guru dalam Mengajar Bahasa Indonesia Kelas Rendah Sekolah Dasar di Samarinda

Hani Subakti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kendala yang terjadi pada kegiatan proses pembelajaran baik secara daring maupun secara luring di SD Negeri 010 Samarinda Utara. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk menganalisis kendala guru dalam mengajar pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, lembar wawancara siswa, lembar wawancara orang tua, dan dokumentasi menggunakan gawai. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 12 narasumber yaitu 1 guru kelas 1B, 6 siswa kelas 1B, dan 5 orang tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 010 Samarinda Utara tentang kendala guru dalam mengajar bahasa Indonesia siswa kelas 1B ditemukan bahwa guru mengalami kendala pada saat proses mengajar yaitu (1) daya serap siswa sangat berbeda-beda dalam menerima pembelajaran dasar bahasa Indonesia di sekolah dan masih ditemukannya siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. (2) Media pembelajaran merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi siswa dan guru dalam proses belajar mengajar, sementara itu sebagian siswa masih mengalami kesulitan jaringan dan kuota internet orang tua yang terbatas. (3) Ketidakdisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas membuat guru mengalami kesulitan dalam memeriksa tugas dan memberikan nilai. Namun kendala-kendala ini tidak menurunkan semangat belajar siswa kelas 1B di SD Negeri 010 Samarinda Utara. Guru selalu mengajak orang tua dan siswa agar tetap berusaha mengoptimalkan proses kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia secara aktif dan efektif.

Kata kunci: kendala guru, mengajar, bahasa Indonesia

 

This research is motivated by the obstacles that occur in the learning process activities both online and offline at SD Negeri 010 North Samarinda. The main objective of this study is to analyze the teacher's obstacles in teaching Indonesian language learning. This research method uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques were carried out by interviews and documentation. The instruments used in this study were teacher interview sheets, student interview sheets, parent interview sheets, and documentation using gadgets. The type of triangulation used is source triangulation. The research subjects were determined by purposive sampling technique with a total of 12 sources, namely 1 teacher in class 1B, 6 students in class 1B, and 5 students' parents. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of research conducted at SD Negeri 010 Samarinda Utara regarding teacher obstacles in teaching Indonesian to grade 1B students found that teachers experienced problems during the teaching process, namely (1) students' absorption capacity was very different in receiving basic Indonesian language learning at school and still found students who have difficulty in reading and writing. (2) Learning media is a very important communication tool for students and teachers in the teaching and learning process, meanwhile some students still experience network difficulties and parents' limited internet quota. (3) Students' indiscipline in collecting assignments makes teachers have difficulty checking assignments and giving grades. However, these obstacles did not reduce the enthusiasm for learning for grade 1B students at SD Negeri 010 North Samarinda. The teacher always invites parents and students to keep trying to optimize the process of active and effective Indonesian language learning activities.

Keywords: teacher barriers, teaching, Indonesian language


Full Text:

PDF (546-553)

References


A.Z Mulyana. (2020). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Budi Utama.

Anzar, Safni Febri., and Mardhatillah. (2017). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016.†Bina Gogik 4(1 Maret 2017):53–64.

Fahrina, Afrillia Amelia, Krla Zahara Cut Rita. (2020). Minda Guru Indonesia : Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid19. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Fauziah, Popon Siti, Aan Kusdiana, and Rustono W. S. (2018). “Analisis Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.†Indonesian Journal of Primary Education 2(1):106.

Handayani, Eka Selvi dan Hani Subakti. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 81-89, https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90.

Hikmah, Nurul, Eka Selvi Handayani, dan Hani Subakti. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Model Complete Sentence Muatan Bahasa Indonesia Di SDN 027 Samarinda Ulu. Vol.3, No.1, Juni 2020. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.85.

Krissandi, Apri Damai Sagita, B. Widharyanto, and Rishe Purnama Dewi. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD Pendekatan Dan Teknis. Jakarta: Media Maxima.

Rosdiyanah, Nurin, Aan Kusdiana, and Nana Ganda. (2018). “Analisis Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Sekecamatan Cikoneng Ciamis.†PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2):250–59.

Soptopo, Helyantini. (2007). Pendamping Berlatih Calistung Untuk TK B. jakarta: Glora Aksara Pratama.

Subakti, Hani dan Eka Selvi Handayani (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, Vol (5) No 1 (2021) Halaman 202-2010.

Subakti, Hani dan Eka Silvi Handayani. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 1 (2021) 247-255 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.648.

Subakti, Hani dan Kiftian Hady Prasetya. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 106-117, https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93.

Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono., Rudy. (2017). Media Pembelajaran. Jawa timur: Pustaka Abadi.

Wandani. (2019). Wonderfull Studies. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v5i2.3234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.