ANALISIS BUKU AJAR BAHASA INDONESIA DALAM PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH DI PERGURUAN TINGGI

Dewi Pri Suprihatin, Retno Winarni, Kundharu Saddhono, Nugraheni Eko Wardani

Abstract


Buku ajar bahasa Indonesia memegang peranan penting bagi keberhasilan penulisan karya ilmiah mahasiswa dalam proses pembelajaran. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengembangkan Buku Ajar Mata Kuliah Umum Lintas Program Studi Perguruan Tinggi di DKI Jakarta dengan Pendekatan Scientific Approach. Pentingnya buku ajar dalam proses perkuliahan memudahkan dan membantu pemahaman suatu mata kuliah yang dipergunakan oleh dosen dan mahasiswa. Kemampuan dosen untuk memilih buku ajar yang baik sangat diperlukan. Buku ajar mahasiswa sangat banyak dan beragam yang tersedia di pasaran dan tentu dengan kualitas yang berbeda. Pada buku ajar menurut beberapa hasil penelitian dan pengalaman penulis sendiri masih ditemukan konsep-konsep yang kurang tepat, miskonsepsi dan memerlukan konsepsi alternatif. Karena, semua mahasiswa harus memiliki kemampuan dan pedoman untuk memilih buku ajar. Hasil kajian ternyata buku ajar harus dipilih berdasarkan kepada integritas dan literasi ilmiah.

Kata Kunci: buku ajar, scientific approach, menulis, karya ilmiah.

 

Indonesian textbooks play an important role for the success of writing student scientific papers in the learning process. The general objective in this research is to develop Textbooks for General Subjects across Higher Education Study Programs in DKI Jakarta with a Scientific Approach Approach. The importance of textbooks in the lecture process makes it easier and helps the understanding of a subject used by lecturers and students. The ability of lecturers to choose good textbooks is needed. There are many and varied student textbooks available in the market and of course with different qualities. In textbooks, according to some research results and the author's own experience, there are still inappropriate concepts, misconceptions and require alternative conceptions. Because, all students must have the ability and guidelines to choose textbooks. The results of the study show that textbooks must be selected based on integrity and scientific literacy.

Keywords: textbook, scientific approach, writing, scientific work.


Full Text:

PDF (472-490)

References


Andayani. (2009). Pendekatan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Salatiga:Widya Sari Press.

Depdiknas. (2009). Pengembangan Penulisan Buku Ajar dalam Program TOT. Jakarta: Direktoral Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktur Pembinaan Diklat.

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kadir, D, A. (2019). Efektivitas Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritik dan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah. ISSN 2599-1248 ©Production and hosting by IAIAl-Mawaddah Warrahmah Kolaka DOI: 10.5281/zenodo.2576766.

Muslich, M. (2010). Text Book: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan,dan Pemakaian BukuTeks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurdyansyah, & Musfiqon. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjao: Nizamia Learning Center.

Odom, S., et al. (2009). Group Peer Review as an Active Learning Strategy in a Research Course. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Volume 21, Number 1, 108-117 http://www.isetl.org/ijtihe/ISSN 1812-9129 Clayton State University.

Ratunguri, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado. Journal Pedagogia. Volume. 4, No. 1, Februari. ISSN 2089 -3833.

Sri, B. (2018). The Teaching Strategy of Bahasa Indonesia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal p-ISSN 2528-505X.

Wiedy M. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal p-ISSN 2528-505X.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v4i2.2372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.