TAHAPAN DALAM BAGIAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ARTIKEL MAHASISWA PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS BENGKULU

Dian Eka Chandra Wardhana, Kanang Setiyo Hindarto, Noermanzah Noermanzah, Efnawati Efnawati, Rian Surya Putra

Abstract


Kajian kerangka bagian hasil penelitian dan pembahasan ditulis sesuai dengan isi bab serta ditentukan oleh peneliti atau penulis dengan cara mencontoh hasil tulisan kakak tingkat. Padahal penulisan bagian hasil penelitian dan pembahasan harus merujuk pada teori Swales yang dituangkan dalam buku Panduan Penulisan Tesis. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini menggambarkan tahapan bagian hasil penelitian dan pembahasan dalam artikel tulisan mahasiswa agar kegiatan memindahkan suatu hasil penelitian tidak akan terjadi lagi. Metode penelitian menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian ini adalah 20 artikel dari tesis mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia periode wisuda Desember 2019 sampai Agustus 2020. Analisis data dilakukan dengan aplikasi NVIVO.  Hasil penelitian menggambarkan bahwa tahapan penyajian artikel pada bagian hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peralihan dari satu gagasan ke gagasan yang lain. Namun, gagasan tersebut masih erat kaitannya dengan gagasan utama. Walau demikian, keberadaan setiap tahapan dalam bagian hasil penelitian dan pembahasan sesuai dengan keberadaan tujuan gagasan tersebut. Keberadaan tahapan tersebut utuh dan runtut sesuai dengan prinsip lokalitas dan prinsip analogi. Sayangnya setiap gagasan yang dimunculkan belum memaknai hasil penelitian yang dikaitkan dengan hasil penelitian relevan sehingga belum muncul kebaruan hasil penelitian pada bagian pembahasan.

Kata kunci: tahapan artikel, bagian hasil penelitian dan pembahasan

 

The study framework section of the research and discussion results is written in accordance with the contents of the chapter and is determined by the researcher or writer by imitating the writings of seniors. Even though the writing of the research and discussion results section must refer to the Swales theory as outlined in the Thesis Writing Guide. Therefore, the purpose of this study was to describe the framework of the research results section and discussion in student writing articles so that the activity of transferring a research result will not happen again. The research method uses content analysis methods. Data collection techniques using documentation techniques. The data of this research are 20 articles from the student's thesis of the Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia period December 2019 to August 2020. Data analysis was carried out using the NVIVO application. The results of the study illustrate that the stages of presenting articles in the research results and discussion sections indicate a transition from one idea to another. However, this idea is still closely related to the main idea. However, the existence of each stage in the research and discussion results section corresponds to the existence of the idea's objectives. The existence of these stages is complete and coherent in accordance with the principle of locality and the principle of analogy. Unfortunately, every idea that is raised does not make sense of the research results that are associated with relevant research results, so the novelty of the research results has not yet appeared in the discussion section.

Keywords: article ttages, research results and discussion section


Full Text:

PDF (371-387)

References


Afriyanti. (2016). Menulis Artikel untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jogyakarta: UPN Jogya Press.

Arono, A., & Arsyad, S. (2019). The Effect of Genre-Based Mentoring on Rhetorical Quality of Research Article Drafts by Indonesian Lecturers in Social Sciences and Humanities. International Journal of Instruction, 12(3), doi:10.29333/iji.2019.1233a

Arsyad, A. d. (2019). The Effect of Genre-Based Mentoring on Rhetorical Quality of Resarch Article Drafts by Indonesian Lecturers in Social Sciense and Humanities. International Journal of Intruction.

Arsyad, S. (2014). Menulis Artikel Internasional dengan Gaya Retorika Bahasa Inggris. Jakarta: Halaman Moeka dan FKIP Unib Press.

Arsyad, S. (2014). Menulis Artikel Internasional Dengan Gaya Retorika Bahasa Inggris . Jakarta: Halaman Moeka Pub dan FKIP Press.

Arsyad, S. (2014). Menulis Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Internasional. Bengkulu: FKIP Press.

Arsyad, S., Purwo, B. K., Sukamto, K. E., & Adnan, Z. (2019). Factors Hindering Indonesian Lecturers from Publishing Articles in Reputable International Journals. Journal on English as a Foreign Language, 9(1).

Cargill, M. & O’Connor, P. (2009). Wriiing Scieniific Reseurch Article: Struiegy and Steps. Singapore: Spi Publisher Services.

Chafe, Wallace L. (1994). Meaning and Structure of Language. Chicago: The University of Chicago Press.

Djiwandono, S. (1998). Tes Bahasa. Bandung: ITB Press.

Kalidjernih. (2016). Menulis artikel Ilmiah untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Masyarakat Linguistik Indonesia.

Leo. (2014). Menulis Artikel Ilmiah. Bandung.

Muhtadin, M., & Noermanzah, N. (2018). Rhetorical Structure and Linguistic Features in Introduction Parts of Research In Indonesian Legal Science Journal. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11(2), 205. doi:10.24036/ld.v11i2.8373

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 307, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151/5537

Sarwiji, S. (2009). Prosiding Musyawarah dan Seminar Nasional Asosiasi Jurusan Program Studi Bahasa Indonesia. Musyawarah dan Seminar Nasional Asosiasi Jurusan Program Studi Bahasa Indonesia. Solo: UNS Press.

Seni, B. D. (2016). Template Artikel. Bahasa dan Seni, 1.

Subakti, A. (2014). Analisis Struktur Retorika dan Fitur Linguistik Bagian Pendahuluan. Bengkulu: Tesis.

Sutami. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 102–113. doi:10.30872/diglosia.v3i1.24

Swales, J. M. (1990). Genre Analysis: English in Academic and Research Settings. Cambridge: Cambridge University Press.

Syaefullah. (2015). Menulis laporan untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Surabaya: Airlangga University Press.

Wahab, A. (1991). Isu-isu Linguistik dan Pengajarannya. Surabaya: Airlangga University Press.

Wahab, A. (1991). Isu-isu Linguistik: Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Wahab, A. (1997). Butir-butir Linguistik. Surabaya: Airlangga Press.

Wahab, A. (1998). Isu-isu Linguistik. Surabaya: Airlangga University Press.

Wardhana, D. E. (2016, Juni Sabtu). Wawancara tentang Retorika Artikel Ilmiah. (I. Y. Hermin, Interviewer).

Warsito, S. A. (2017). Stating And Defending New Knowledge Claim: A Rhetorical Analysis On The Discussion Section Of English Master Thesis By Indonesian EFL Learners. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 189-207.

Woolf, N. H., & Silver, C. (2017). Qualitative Analysis Using NVivo. New York: Routledge. doi:10.4324/978131518166

Yanti. (2015). KOLITA 13: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas: Tingkat Internasional. Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Unika Atma Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v4i2.2350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.