PENILAIAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA BERDASARKAN SISTEM EVALUASI ARJUNA

Diena San Fauziya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pertanyaan antara terpublikasinya artikel ilmiah oleh setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studi strata 1 di jurnal yang khusus diterbitkan untuk memfasilitasi hal itu dengan kualitas yang menyertainya. Tujuan penelitian adalah untuk menilai kualitas artikel yang teleh dipublikasikan melalui parameter substansi isi dan gaya penulisan. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi dokumen dengan perhitungan penilaian secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengolahan data melalui deskriptif melalui perhitungan persentase capaian yang diperoleh dari pembagian skor rata-rata terhadap skor ideal yang selanjutnya dideskripsikan secara kualitatif untuk mengetaui kelebihan dan kekurangan artikel ilmiah. Yang menjadi sumber data adalah 20 artikel ilmiah dalam salah satu jurnal publikasi mahasiswa di perguruan tinggi keguruan dan ilmu pendidikan. Hasil yang diperoleh adalah artikel ilmiah dinilai mendapat capaian tinggi untuk gaya penulisan, yakni dibuktikan dengan 7 dari 9 indikator mendapat capaian di atas 50%, sementara substansi isi dinilai masih rendah, yakni 6 dari 9 indikator mendapat capaian di bawah 50%.

Kata kunci: artikel ilmiah, instrumen evaluasi, arjuna


This research is motivated by the question between the publication of scientific articles by each student who will complete his undergraduate study in a special journal published to facilitate this with the quality that comes with it. The aim of the study was to assess the quality of articles that have been published through the parameters of substance and writing style. The research method is descriptive with data collection through document study with quantitative descriptive assessment calculations. The data processing technique is descriptive through calculating the percentage of achievement obtained from the distribution of the average score against the ideal score which is then described qualitatively to determine the advantages and disadvantages of scientific articles. The data source is 20 scientific articles in one of the student publication journals in teacher training and education institutions. The results obtained are that scientific articles are considered to have high achievement for writing style, which is proven by 7 out of 9 indicators that have achieved above 50%, while the substance of the content is considered to be still low, namely 6 out of 9 indicators get achievements below 50%.

Keywords: scientific paper, evaluation instruments, arjuna


Full Text:

PDF (232-240)

References


Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan; Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2018). Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah. Jakarta: Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan; Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Farid, M. (2017). Menulis Artikel Ilmiah. Makalah Seminar Penulisan Artikel Ilmiah, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) NPUST, NPUST Campus, Pingtung, 28 Oktober 2017.

Jahja, A.S. (2016) Kualitas Karya Ilmiah. Diakses tanggal 15 Februari 2020. Tersedia di https://dosen.perbanas.id/kualitas-karya-ilmiah/

Karnadi dan Lestari, Ika. (2009). Evaluasi Jurnal Ilmiah. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Vol. 20 Th. XI Oktober 2009 Hlm. 110-124.

Khoiri, N. (2014). Pengembangan Perangkat Penilaian Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah (Bahasa Indonesia) untuk Siswa SMP. Jurnal NOSI Vol. 2, No. 1 Hlm. 37-52.

Masic, I. & Begic, W. (2016). Evaluation of Scientific Journal Validity, It’s Articles and Their Authors. Unifying the Applications and Foundations of Biomedical and Health Infomratics, P. 9-14.

Musaffak, M. (2019) Penerapan Strategi Mind Mapping sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel. Jurnal Belajar Bahasa. Vol. 3 No. 2 Hlm. 197-207.

Sahmini, M. dan Rostikawati, Y. (2015). Pengembangan Evaluasi Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Pendekatan Sistem. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. Vol. 2, No. 2 Hlm. 182-191.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Quayle, J. (2018). Critically Reading Journal Articles. Tersedia di www.colby.edu/biology/bi319/GuideReadJour.doc




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v4i2.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.