UNSUR SEMIOTIK PADA KUMPULAN PUISI MELIHAT API BEKERJA KARYA M. AAN MANSYUR

Linda Amalia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman semakin pesat puisi selalu ditulis dan dibaca, meskipun puisi itu indah karena ditulis dengan ekspresi yang tidak langsung oleh penyair, maka tidak semua pembaca memahami sepenuhnya pesan yang disampaikan penyair terutama dalam segi ketandaannya. Penelitian mengenai unsur semiotik pada sebuah karya sastra puisi ini dilakukan demi kepentingan akademik dan pembelajaran bahasa Indonesia supaya lebih baik, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur semiotik pada kumpulan puisi Melihat Api Bekerja karya M. Aan Mansyur. Manfaat penelitian ini dibagi yakni manfaat praktis sendiri dibagi kedalam tiga bagian yaitu bagi peneliti, bagi siswa, dan bagi guru. Fokus kajian pada penelitian ini adalah unsur semiotik pada kumpulan puisi Melihat Api Bekerja Karya M.Aan Mansyur yang aspek kajiannya yaitu ikon, indeks dan simbol. Sebagai alat ukur yang digunakan adalah teori semiotik menurut Charles Sanders Pierce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil kajiannya akan lebih menekankan pada penjelasan mengenai bagaimana unsur semiotik pada kumpulan puisi Melihat Api Bekerja Karya M. Aan Mansyur. Adapun langkah-langkahnya yaitu membaca kumpulan puisi Melihat Api Bekerja Karya M.Aan Mansyur; mengkaji puisi berdasarkan semiotik menurut Charles Sanders Pierce; kemudian mendata unsur semiotiknya. Sumber data adalah kumpulan puisi Melihat Api Bekerja Karya M. Aan Mansyur, dan teknik pengumpulan data dimulai dari studi pustaka, dokumentasi, sampai pada analisis. Kemudian penelitian ini diolah dengan tiga tahapan, diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah unsur semiotik.

 

Kata Kunci : unsur semiotik, ikon, indeks, simbol

Full Text:

PDF (74-84)

References


Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : PT Refika Aditama.

Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Eagleton, T. (2010). Teori Sastra Sebuah Pengantar Komprehensif Edisi Terbaru. Yogyakarta: Jaya Sutra.

Gumiati, T. (2013). Kiat Praktis Menulis Puisi. Bandung: Batic Press.

Luxembrug, J.V., dkk. (1991). Tentang Sastra. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mansyur, M.A. (2017). Melihat Api Bekerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Noth, W. (2006). Semiotik. Surabaya: Airlangga University Press.

Nurgiantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (2012). Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University press.

Pradopo, R. D. (2013). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santosa, P. (2013). Ancangan Semiotik dan Pengkajian Susastra. Bandung: Angkasa.

Septiaji, A & Eva F.S. (2017). Implementasi Gagasan dalam Karya Tulis Ilmiah. Ciamis: CV. Insan Cerdas Bermartabat.

Septiaji, A. (2016). Kritik Sastra dalam Majalah Sastra Horison Sebagai Media Publikasi Budaya Literasi dan Berpikir Kritis. Language Education and Literature (LANGEL), 1(11), 101-108.

Septiaji, A. (2017). Konflik Sosial dalam Antologi Puisi Esai: Serat Kembang Raya Karya Fatin Hamama, dkk (Tinjauan Sosiologi Sastra). Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 8-18.

Septiaji, A. (2018). Peran Sastra, Intelektualitas, dan Popularitas dalam Esai 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh Karya Jamal D. Rahman, Dkk. Jurnal Tuturan, 6(1), 738-744.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v2i2.1546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.