TEKNIK CELUP TOTAL BAGI PEMELAJAR ASING BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS KEBANGSAAN GUANGXI (GXUN), TIONGKOK

Sudaryanto Sudaryanto, Rizka Abri Pradani, Khairunnisa Hatminingsih, Selvi Rosianingsih, Fahmi Ahyani

Abstract


Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Kebangsaan Guangxi (Guangxi University for Nationalities, GXUN), Tiongkok, dibuka sejak tahun 2005. Dalam proses pembelajarannya, dosen tamu asal Indonesia menerapkan teknik celup total bagi pemelajar asing di jurusan tersebut. Dalam mata kuliah Menyimak, misalnya, dosen tamu tadi memutarkan film 5 cm, musikalisasi puisi “Sajak Kecil tentang Cinta”, dan pembacaan puisi Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) bagi pemelajar asing. Dalam mata kuliah lainnya, Berbicara, dosen tamu tadi juga mengajak pemelajar asing untuk praktik memasak masakan khas Indonesia, seperti nasi kuning, mi goreng, perkedel, dan siomai. Kemudian pemelajar asing praktik berbicara tentang proses pembuatan masakan khas Indonesia tadi dalam bahasa Indonesia. Melalui penerapan teknik celup total itu, diharapkan para pemelajar asing bahasa Indonesia di GXUN dapat semakin lancar dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

Kata Kunci: celup total, pemelajar asing, bahasa Indonesia, GXUN

Full Text:

PDF (81-87)

References


Aziz, A. L. (2014). Penguatan identitas bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional dan bahasa persatuan jelang penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Jurnal Studi Sosial, 6(1), 14—20.

Haiguang, Y. (2015). Studi kontrastif kalimat pasif bahasa Indonesia dan Tionghoa. Litera, 14(2), 347—360.

Ji, L. L. (1982). Selayang pandang penyelidikan mengenai Indonesia di Tiongkok. Archipel, 24(1), 17—21.

Kusimiatun, A. (2016). Topik pilihan mahasiswa Tiongkok dalam pembelajaran BIPA program transfer kredit di UNY. Litera, 15(1), 138—146.

Read, J. E. (2002). Innovation in Indonesian language teaching: An evaluation of the TIFL tertiary curriculum materials. (Disertasi, University of Wollongong, Australia).

Soesilowati, S. (2017). Diplomasi soft power Indonesia melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 293—308.

Sudaryanto, S. (2017). Studi tentang perkembangan bahasa Indonesia di Tiongkok dan dampak kesarjanaan Tiongkok bagi pengajaran bahasa Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 26(1), 61—70.

Suyitno, I. (2010). Pengembangan materi pembelajaran BIPA berdasarkan tujuan belajar pelajar asing. (Pidato Pengukuhan Guru Besar, Universitas Negeri Malang, Indonesia).

Xiaoqiang, Y. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia dalam kemitraan strategis RI-RRT: Perspektif Tiongkok. Dalam Prosiding Seminar Internasional PIBSI XXXVI, 3-7. URL: www.pbsi.uad.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.