PENGEMBANGAN BAHASA INDONESIA MELALUI DIPLOMASI KEBAHASAAN DI LUAR NEGERI: SEBUAH PENGAMATAN AWAL

Siti Salamah, Sudaryanto Sudaryanto, Eva Nur Fathonah, Dian Nova, Sholeha Rosalia

Abstract


Salah satu tujuan dari pengembangan Bahasa Indonesia adalah untuk meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Untuk mencapai tujuan itu, perlu ditempuh adanya diplomasi kebahasaan di luar negeri melalui pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Berdasarkan data Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (2017), diplomasi kebahasaan di luar negeri dilakukan dengan sejumlah cara, antara lain, (1) pengiriman guru BIPA ke luar negeri sebanyak 200 penugasan, 22 negara, dan 79 lembaga oleh Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2) pendataan pemelajar BIPA, (3) pendataan wilayah benua, negara, dan lembaga penyelenggara BIPA, (4) penerbitan buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia, dan (5) penyelenggaraan Simposium Internasional Pengajaran BIPA di Yogyakarta. 

Kata Kunci: pengembangan bahasa Indonesia, diplomasi kebahasaan, BIPA

Full Text:

PDF (85-92)

References


Maharani, E. R. (2017). Karakteristik kosakata bahasa tulis pemelajar BIPA Thailand. Jurnal Ketahanan Pangan (JU-ke), 1(2), 41—47.

Masreng, R. (2017). Diplomasi bahasa menjembatani keragaman bahasa daerah dan pengutamaan bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 155—167.

R, Refa Lina Tiawati (2016). Bahasa Indonesia di Thailand menjadi media diplomasi kebahasaan dan budaya di ASEAN melalui pengajaran BIPA. Jurnal Gramatika, 5(1), 29—44.

Rambu, C. G. (2016). Penggunaan bahasa Indonesia dalam diplomasi pertahanan Indonesia terhadap negara ASEAN. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 6(1), 245—260.

Sari, Y. (2018). Wujud kesantunan berbahasa mahasiswa asing program Darmasiswa di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Gramatika, 4(1), 118—128.

Sudaryanto, S., Hermanto, H. & Wijayanti, Dedi (2018a). Wacana padanan istilah asing-Indonesia dan kaitannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Jurnal Pesona, 4(2), 1—9.

Sudaryanto, S., Hermanto, H., Mahdhuroh, L., Hermawan, M. A., & Xirana, A. Z. (2018b). Literasi mahasiswa BIPA program Darmasiswa Universitas Ahmad Dahlan bermuatan bahasa dan budaya Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 57—66.

Sudaryanto, S. (2018). Tiga fase perkembangan bahasa Indonesia (1928—2009): Kajian linguistik historis. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1—16.

Widianto, E. (2018). Diplomasi bahasa dan budaya Indonesia melalui kegiatan ekstrakurikuler kelas budaya di Universitas Sousse Tunisia. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 17—22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.