PENGARUH TABUNGAN LITERASI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 CIMAHI

Enung Nurhayati, Ratih Sapdiani, Rochmat Tri Sudrajat, Zakiyah Lailatul Farihah

Abstract


Masalah utama penelitian ini pelaksanaan program tabungan literasi dan pengaruhnya terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cimahi. Permasalahannya yaitu (1) pelaksanaan program Tabungan Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Cimahi, dan (2) pengaruh program Tabungan Literasi terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Bandung. Tujuan utama penelitian ini adalah memotret dan mendeskripsikan pelaksanaan dan pengaruh TL terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Cimahi. Dengan asumsi bahwa program TL dapat menjadi pendorong peningkatan pembelajaran menulis teks tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kota Cimahi dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penyebaran angket, dan pencatatan lapangan. Selanjutnya data diolah dengan cara pengorganisasian data, penjabaran data, pelaksanaan sintesa, penyusunan data, pemiliha data, dan penyimpulan data. Dalam simpulan ditemukan bahwa tabungan literasi dapat mempengaruhi pembelajaran menulis teks tanggap di siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Cimahi.

 

Kata Kunci: tabungan literasi, pembelajaran menulis, teks tanggapan


Full Text:

PDF (76-91)

References


Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Kosasih, E. dan Endang K. (2018). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E. (2009). Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA, Ringkasan Materi X, XI, dan XII. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E., Harsiati, T., & Trianto, A. (2018). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyati, Y. (2011). “Pembelajaran Bahasa Berbasis Pemecahan Masalah”. Jurnal Artikulasi ISSN 1412-4548.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 78. Sekretariat Negara. Jakarta.

Wiedarti, P., dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Didaksmen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.