KEARIFAN BUDAYA LOKAL DALAM TAYANGAN SI BOLANG DAN RAGAM INDONESIA TRANS 7 SEBAGAI WAWASAN PESERTA DIDIK DI KABUPATEN MAJALENGKA

Ima Siti Rahmawati, Heni Fauziah Hidayat

Abstract


Program tayangan Si Bolang dan Ragam Indonesia merupakan program tayangan yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta yaitu Trans7. Program tayagan Si Bolang merupakan program yang sifatnya mendidik bagi anak-anak, dan program Ragam Indonesia pun merupakan tayangan yang kaya akan nilai edukasi, karena dalam kedua tayangan tersebut terdapat nilai-nilai budaya dan ciri khas suatu daerah di Nusantara. Penelitian ini dilakukan untuk menambah wawasan anak-anak khususnya peserta didik mengenai nilai-nilai budaya yang ada di daerahnya maupun daerah lain.

 

Kata kunci: Kearifan Budaya Lokal, Si Bolang, Ragam Indonesia


Full Text:

PDF (44-54)

References


Abdullah, I. (2010). Kontruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Astra, I Gde. (2004). “Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Mempertokoh Jati Diri Bangsa si Era Global.” Dalam Iwayan Ardika dan Drama Putra (Ed). Politik dan Kebudayaan dan Identitas Etnik. Denpasar: Fakultas Sastra Universitas Udayana dan Bali Mangsi Fres.

Matildis B. M. (2000) Upaya Kearifan Lokal (dalam menghadapi tantangan perubahan kebudayaan). Fakultas Ilmu Budaya: Universitas Udayana.

Mundardjito. (1986). Penalaran Induktif-Deduktif dalam Penelitian Arkeologi di Indonesia dalam Pertemuan Ilmuah Arkeologi IV 1986. Jakarta: Dept. Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur Muhamad F, A. (2014). Program Tayangan Si Bolang Trans7 (efek program tayangan Si Bolang Trans7 dalam meningkatkan pengetahuan budaya Suku Bugis pada siswa SDN 014 kecamatan Panajam kabupaten Panajam Paser Utara). Ilkom Fisip: Universitas Mulawarman.

Rahyono, F.X. (2009). Kearifan Budaya dala Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.