KESALAHAN EJAAN, DIKSI, DAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN DESKRIPSI MAHASISWA ASAL TIONGKOK

Anita Rahayu, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penggunaan bahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan masih terdapat banyak kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa Indonesia yang meliputi kesalahan ejaan, diksi, dan morfologi dalam karangan deskripsi mahasiswa Tiongkok, (2) mendeskripsikan keterkaitan bentuk kesalahan berbahasa Indonesia yang ada dalam deskripsi mahasiswa Tiongkok dengan perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah karangan deksripsi mahasiswa Tiongkok dan objek penelitiannya berupa kesalahan berbahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat dan instrumen penelitian berupa kartu data. Teknik analisis data menggunakan teknik padan. Teknik pengecekatan data dilakukan dengan trianggulasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) wujud kesalahan berbahasa Indonesia yaitu (a) ejaan yang meliputi pemakaian huruf, penulisan kata dan penggunaan tanda baca, (b) diksi yang meliputi kekurangtepatan dalam pilihan kata, (c) morfologi yang meliputi penggunaan afiks (2) kaitan kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Tiongkok dengan perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia yang dijadikan alternatif bahan ajar perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia yang meliputi ejaan, diksi, dan morfologi.

 

Kata kunci: kesalahan, berbahasa, Indonesia, karangan deskripsi

Full Text:

PDF (42-49)

References


Arifin, Z & Hadi, F. (2009). 1001 Kesalahan berbahasa. Jakarta: akademika pressindo.

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan pengembangan dan pembinaan bahasa. (2016). Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) daring.

Keraf. 2010. Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kushartanti, dkk. (peny.) (2005). Pesona bahasa: langkah awal memahami linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Panitia Pengembangan Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Jakarta: Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ramlan, M. 2009. Morfologi suatu tinjauan deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono

Setyawati. 2010. Analisis kesalahan berbahasa Indonesia : Teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pressindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.