STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL INTO THE MAGIC SHOP KARYA JAMES R. DOTY
Abstract
Sastra menyajikan nilai-nilai kehidupan yang dapat menginspirasi pembaca melalui paparan peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan. Sastra menjadi bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah, sehingga membahas karya sastra melalui struktur pembangun dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi sangat penting. Salah satu nilai yang dapat ditemukan dalam karya sastra yaitu nilai pendidikan. Nilai-nilai pendidikan dalam karya sastra digambarkan pada karakter tokoh-tokohnya. Seperti pada novel berjudul Into The Magic Shop karya James R. Doty yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dan mengajarkan kita untuk menerapkan konsep hidup “mencintai diri sendiri”. Novel ini seolah-seolah mengajak kita bergerak untuk menemukan pintu magic shop dalam diri masing-masing. Sebagaimana Jim, tokoh utama dalam novel yang menemukan kunci keberhasilannya menjadi seorang dokter bedah saraf yang hebat meskipun hidup dalam kemiskinan. Dengan kegigihan dan kerja keras tokoh Jim dapat menjadi inspirasi bagi pembaca dalam menjalani kehidupan. Makalah ini menganalisis struktur pembangun dalam novel Into The Magic Shop dan menemukan nilai pendidikan yang digambarkan penulis dalam karakter tokoh-tokohnya.
Kata kunci: struktur, nilai pendidikan, novel, into the magic shop
Full Text:
PDF (92-106)References
Bogdan dan Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
Doty, J. R. (2018). Into The Magic Shop. Jakarta Selatan: Mata Aksara
Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Septiaji, A. (2018). Pengembangan nilai-nilai karakter dalam teks sastra tradisional melalui media peta pikiran digital sebagai inovasi pembelajaran bagi guru pendidikan dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 2(1).
Septiaji, A. (2018). Peran sastra, intelektualitas, dan popularitas dalam esai 33 tokoh sastra indonesia paling berpengaruh karya jamal d. Rahman, dkk. Jurnal Tuturan, 6(1), 738-744.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
RECOMMENDATION FOR CITATION:
SIMILARITY CHECK:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.