PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKASINYA PADA MAHASISWA THAILAND DI IAIN SURAKARTA

Egidia Aisyia Oktarini, Wahyu Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi dalam percakapan mahasiswa Thailand di IAIN Surakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan-tujuan tertentu dari setiap pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi dalam percakapan mahasiswa Thailand di IAIN Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peristiwa tutur yang terjadi pada percakapan mahasiswa Thailand. Objek penelitian ini adalah data yang mengandung bentuk pelanggaran dalam. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik simak berpartisipasi dan teknik catat. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan langkah transkrip data dan klasifikasi data. Analisis data model interaktif Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga kesimpulan. Pertama, bentuk pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi dalam percakapan mahasiswa Thailand di IAIN Surakarta yang terdiri atas empat maksim tunggal, yaitu (1) maksim kuantitas, (2) maksim kualitas, (3) maksim relevansi, dan (4) maksim cara/ pelaksanaan. Kedua, yaitu tiga tujuan dari pelanggaran prinsip kerja sama, yaitu (1) tujuan representatif (berupa: memberikan informasi/ memberi penjelasan, memastikan, menyatakan harapan, dan menegaskan); (2) tujuan direktif (berupa: menyindir, mengejek, memberikan saran, dan mengkritik/ protes); dan (3) tujuan ekspresif (berupa: berbohong, menyombongkan diri, menyatakan tidak suka, menyatakan prihatin, merayu/ menggoda, memuji, bingung, dan menciptakan humor). Pelanggaran prinsip kerja sama dapat dijadikan sebagai bahan ajar kelas berbicara BIPA IAIN Surakarta yakni mahaisswa Thailand dalam bertutur harus mematuhi maksim-maksim yang ada pada prinsip keja sama agar komunikasi dapat berjalan secara lancar.


Full Text:

PDF (12-19)

References


Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Nasihah, Mawadattun. (2015). pelanggaran prinsip kerja sama tayangan galau nite di metro tv: analisis pragmatik(online).eprints.uny.ac.id/26770/1/Skripsi.pdf. diakses pada 14 Mei 2018 pukul 10.00 WIB.

Rahardi, Kunjana. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga

Sudaryanto . (1988). Metode Linguistik: Metode dan Aneka Teknik PengumpulanData. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad, Rohmadi. (2011). Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.