KENDALA TRANSFER BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Murtianis Murtianis, Andayani Andayani, Muhammad Rohmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kendala apa saja yang dihadapi dalam transfer budaya pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala-kendala transfer budaya dalam pembelajaran BIPA meliputi 1) terbatasnya kemampuan berbahasa indonesia mahasiswa asing pada tingkat dasar, 2) penggunaan dwibahasa oleh orang Indonesia, 3) cross culture, 4) tempo bicara masyarakat Indonesia, 5) kurangnya motivasi mahasiwa asing, 6) keterbatasan pengetahuan pengajar tentang kebudayaan, 7)  keterbatasan pengintegrasian budaya dalam pembelajaran, dan 8) tidak ada tuntutan evaluasi khusus tentang pemahaman budaya.

Kata Kunci: bahasa, budaya, transfer, BIPA

 


Full Text:

PDF (36-45)

References


Alalou, Ali. 2001. “Reevaluating curricular objectives using students’ perceived needs: The case of three language programmes”. Foreign Language Annals, 34 (5), 453–69.

Alves, S.M.L. dan Oliveira, F.M.D. 2014). “Vocabulary Acquistion in Second Language”. International Journal of Humanities and Social Science, 4 (13), 51-56.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Crowl, Thomas K. 1997. Educational Psychology. London: Brown & Benchmark Publishers.

Kusmiatun, A. 2016. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Mikhaleva, L.V. dan Jean C.R. 2014. “Parallel Study of Native and Target-Language Culture in Foreign Language Teaching”. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 154:118-121Nawawi, H dan Martini, H. (1992). Instrumen Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muliastuti, L. 2017. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Saddhono, K. 2015. “Integrating Culture in Indonesian Language Learning for Foreign Speakers at Indonesian Universities”. Journal of Language Literature. 6 (2): 349-353.

Stern, H.H. 1983. Fundamental Concept of Language Teaching. New York: Oxford University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Stringer, D.M. dan Patricia A Cassiday. (2009). Activities for improving Cross-Cultural Communication. USA: Intercultural Press.

Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, S. 2010. Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional. http://badanbahasa.kemendikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1362. Diunduh 25 September 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.