PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Neni Sri Nurhayani, Maria Hidayanti, Syafa'atun Nahriyah

Abstract


Salah satu unsur yang sangat penting dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Penggunaan media permainan dapat membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam belajar. Namun, pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum memanfaatkan media yang menarik dan masih memakai metode konvensional.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Media Permainan Ular Tangga, kemudian mengetahui Minat Belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mengetahui besar pengaruh penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar siswa kelas III pada pembelajaran PAI di SDN Cicurug I Majalengka.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diambil adalah sebanyak 41 siswa menggunakan rumus Suharsimi Arikunto. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Pengolahan data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar siswa sebesar 70,7%. Hal ini terbukti dari perolehan skor angket yang tinggi dimana mayoritas siswa menjawab sangat setuju pada pernyataan Media Permaianan Ular Tangga dan Minat Belajar. Kemudian untuk uji hipotesis diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 9,073 > 2,022. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak.


Full Text:

PDF

References


Jamaludin, Gilang Maulana, Muhammad Iqbal Al Ghozali, and Rifki Fauzi. 2020. “The CORE Model for Improving Students Behavior and Learning Outcomes the Production Technology Development of Social Sciences Learning.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 12(1): 34–50.

Jamaludin, Gilang Maulana, Lili Yulianti, and Mas’ud Mas’ud. 2020. “Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN Cisetu III Kecamatan Rajagaluh.” Eduprof : Islamic Education Journal 2(2): 187–201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :
 
 
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka.

Jl. Kh. Abdul Halim No 103 Majalengka 

Email : amauizhoh@gmail.com

Tlp: (0233) 8285486
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.