Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Melalui Kajian Kitab Kuning Dan Khitobahan

Muhamad Dikdik Solehudin, Opik Taupik Kurahman

Abstract


Abstrak

Kegiatan pembelajaran harusnya tidak hanya transfer ilmu pengetahuan, namun dalam KBM harusnya terjadi pula transfer nilai-nilai, norma-norma, atau adat kebiasaan. Baik itu dari guru kepada murid, maupun dari murid ke murid lainnya. Namun realita menyatakan bahwa siswa kurang menangkap akan hal ini, Oleh karenanya, penanaman dan pembinaan keberagamaan pada siswa harus dimulai sedini mungkin. Dalam tulisan ini penulis mencoba memaparkan bagaimana peran sekolah dalam membina keberagamaan siswa di Mts sebagai uapaya mengantisipasi pengarauh yang tidak baik. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur yang dimaksudkan untuk mengembangkan fakta dan karakteristik objek studi secara sistematis atau untuk menjawab pertanyaan berkaitan dengan objek studi saat ini. Pendekatan deskriptif ini dimaksudkan untuk mengungkap fakta mengenai program pengembangan agama dan keberagamaan peserta didik di Madrasah Tasanawiyah (MTs).

Kata Kunci: Program; Keagamaan; MTs.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir. (2005). Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,. Rineka Citra.

Burhanuddin, A. (2019). Dampak Kegiatan Keagamaan Rohis melalui Kajian Kitab Kuning bagi Akhlak Peserta Didik.

HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies,

Daradjat, Z. (2005). Kepribadian Guru. Bulan Bintang.

Jalaludin Rahmat. (2001). Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada.

Mahmud, H. (2006). Psikologi Pendidikan Mutakhir. sahifa.

Sma, D. I., Palembang, N., & Suryana, E. (2013). Pembinaan Keberagamaan Siswa Melalui Pengembangan Budaya Agama Di Sma Negeri 16 Palembang. Ta’dib:Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam)

Sudjana, N. (2010). Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sutarto. (2018). Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik. ISLAMIC COUNSELING : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2.

W.J.S. Poerwadarminta. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :
 
 
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka.

Jl. Kh. Abdul Halim No 103 Majalengka 

Email : amauizhoh@gmail.com

Tlp: (0233) 8285486
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.