FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA: Studi pada materi Qur’an Hadist di MA Ar-Rahma Desa Air Meles Atas

Febrika Herwani

Abstract


Learning outcomes certainly depend on the learning process. The process significantly influenced by several factors. It is proven that the description of student learning outcomes in the subjects of the Qur'an and the hadith in the Arrahmah Air Meles Atas MA as objects of research is not good, of course there are factors that influence it. In order to answer these questions, a study was conducted with a qualitative approach by observing learning activities and conducting interviews with teachers as research subjects. It was concluded that there were several factors that caused the low student outcomes, namely low motivation, lack of ability to read and write verses, and hadiths,  learning media is not complete and the allocation of time is too minimal contributed to learning outcomes of the subjects of the Koran and hadith are low.

Keywords: Learning Outcomes, learning readiness, motivation, learning media

Full Text:

PDF

References


Agusta, Aisha, Muhamad Priyatna, and Agus Sarifudin. 2018. “PENGARUH HAFALAN ALQURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST KELAS XI IPA (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Haitsam Bogor).” Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1(1B):131–137.

Ainissyifa, Hilda. 2017. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8(1):1–26.

Ainurrofiq, Ahmad Subhan. 2019. “Potret Santri Dalam Cerpen-Cerpen Surat Kabar Lokal Cirebon Edisi Tahun 2018 Dan Impmlikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah.” B.S. thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana. 2018. “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2):181–198.

Arifin, Zaenal. 2018. “AL-QUR’AN SUMBER PENDIDIKAN MODERN UNTUK MANUSIA ABAD 21.” Jurnal Pendidikan Islam Rabbani 2(1).

Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs, Christine K. Sorensen, David A. Walker, and Asghar Razavieh. 2010. Introduction to Research in Education. Vol. 4. 8th ed. USA: Wadsworth, Cengage Learning.

Budiarti, Mei Rindang, Peduk Rintayati, and Joko Daryanto. 2014. “Peningkatan Pemahaman Konsep Sumber Energi Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Study.” Didaktika Dwija Indria 2(9).

Burga, Muhammad Alqadri. 2019. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Al-Musannif 1(1):19–31.

Creswell, John W. 2007. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches. 2nd ed. USA: SAGE publications, Inc.

Daheri, Mirzon, and Idi Warsah. 2019. “PENDIDIKAN AKHLAK: RELASI ANTARA SEKOLAH DENGAN KELUARGA.” At-Turats 13(1):3.

Enda, Amne. 2017. “KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN | Emda | Jurnal Lantanida.” Retrieved May 27, 2020 (https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838).

Faidah, Noer, Abdul Jalil, and Nur Hasan. 2019. “Motivasi Santri Terhadap Pendidikan Formal (MTs) Dan Non Formal (Diniyah) Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 4(6):6–12.

Farida, Siti. 2016. “Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam.” KABILAH: Journal of Social Community 1(1):198–207.

Fithriani, Muflihah. 2017. “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AL QURAN HADIS KELAS X MAN BINTUHAN KABUPATEN KAUR.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2(1).

Fraenkel, Jack R., Norman E. Wallen, and Helen H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. 1221 Avenue of the Americas, New York, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc.

Gall, Meredith D., Joyce P. Gall, and Walter R. Borg. 2003. Educational Research: An Introduction. 7th ed. USA: Allyn and Bacon.

Guba, Egon G. 1981. “Criteria for Assessing the Trustworthiness of Naturalistic Inquiries.” Educational Communication and Technology 29(2):75–91.

Hakim, Nurul. 2019. “Perspektif Filasafat Hukum Islam Dan Pemikiran Orientalis Terhadap Sunnah.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 5(1).

Hidayat, Andi. 2018. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial.” FENOMENA 10(1):55–76.

Ilahi, Nisa Wiyati, and Nani Imaniyati. 2016. “PERAN GURU SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1(1):99–108.

Ilyas, Rahmat. 2016. “Manusia Sebagai Khalifah Dalam Persfektif Islam.” MAWA’IZH: JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN 7(1):169–195.

Imron, Imron, and Idi Warsah. 2019. “Pengaruh Spiritualitas Dalam Kinerja Guru Melalui Modal Psikologis Di SMP Muhammadiyah Magelang.” Edukasi 17(3):294721.

Irwan, Irwan, Muhammad Asrori, and Aloysius Mering. 2017. “PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA PADA MATA PELAJARAN KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(12).

KHOTIMAH, SITI KHUSNUL. 2019. “STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG.”

Kristin, Firosalia. 2016. “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 2(1):90–98.

Kurniawan, Agung. 2018. “AKTUALISASI NILAI KHALIFAH DALAM AL-QURAN.” Jurnal Al-Dirayah 1(1).

Merriam, S. B. 1998. Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Miles, Mathew B., A. Micheal Huberman, and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc.

Mubarok, Najib. 2019. “OPTIMALISASI PENERAPAN TRADISI PESANTREN SALAF BAGI SANTRI KALONG.” AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies 4(2):116–126.

Mukhtar, Mukhlis. 2017. “PROBLEMATIKA HADIS DAN ‘ULŪMUL HADĪS.” Ash-Shahabah 3(2):168–177.

Nasrullah, Sanip. 2019. “SEGMENTASI TERM SUNNAH DI INDONESIA.” At-Tibyan 2(2):54–70.

Nasution, Zulkipli. 2019. “DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP ALQURAN.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 9(2).

Nazlianto, Riza, and M. A. Lc. 2018. “ḤADĪTS ZAMAN RASULULAH SAW DAN TATACARA PERIWAYATANNYA OLEH SAHABAT.” Al-Mursalah 2(2).

Ningsih, Diarti Andra. 2019. “GURU SEBAGAI MANAJER KELAS.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 4(1):23–32.

NISAK, KHOIRUN. 2015. “UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015.”

Nuriyah, Nunung. 2016. “EVALUASI PEMBELAJARAN: Sebuah Kajian Teori.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3(1).

Nuroso, Harto, and Joko Siswanto. 2012. “Model Pengembangan Modul Ipa1terpadu Berdasarkan Perkembangan Kognitif Siswa1.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1(1).

Pahliwandari, Rovi. 2017. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olahraga 5(2):154–164.

Puspitasari, Wina Dwi. 2016. “Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 2(2).

RA, Lilis Fauziyah, and Andi Setyawan. 2009. Kebenaran Al-Qur’an Dan Hadits. Solo: Tiga Serangkai.

Ramadhani, Risty. 2018. “PENGARUH KEMAMPUAN DALAM MEMBACA AL-QURAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK.” TADBIR MUWAHHID 2(1):1–10.

RISQIYAH, Hafidhatur. 2016. “PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016.”

Rohman, Miftahur, and Hairudin Hairudin. 2018. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial-Kultural.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9(1):21–35.

Roihah, IMALATUR. 2009. “Implikasi Teori Kognitif Jean Piaget Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Pada Anak Usia Sekolah 7-12 Tahun.” Skripsi, Fakutas Tabiyah UN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sejati, Andri Estining, Sumarmi Sumarmi, and I. Nyoman Ruja. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1(2):80–86.

Seunjana, Ade. 2017. “Upaya Guru Al-Quran Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN Jeureula Aceh Besar.” PhD Thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Stake, Robert. E. 1995. The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, California: SAGE publications.

Susanti, Salamah Eka. 2020. “Epistemologi Manusia Sebagai Khalifah Di Alam Semesta.” HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman 6(1):85–99.

Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, and Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. “STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):115–23.

Wahyu Mustika Sakti, and Surdin. 2017. “FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MAGINTI | Wahyu Mustika Sakti, Surdin | Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi.” Retrieved May 27, 2020 (http://ojs.uho.ac.id/index.php/ppg/article/view/2426).

Wahyudin, Agus. 2019. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ALQURAN HADIS KELAS X MA AL MUHAJIRIN TUGUMULYO TA. 2017–2018.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4(1).

Warsah, Idi, and Muhamad Uyun. 2019. “KEPRIBADIAN PENDIDIK: ℡AAH PSIKOLOGI ISLAMI.” Psikis: Jurnal Psikologi Islami 5(1):62–73.

Yazan, Bedrettin. 2015. “Three Approaches to Case Study Methods in Education : Yin , Merriam , and Stake Three Approaches to Case Study Methods in Education : Yin , Merriam ,.” The Qualitative Report 20(2):134–52.

Yuliantika, Siska. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 9(1):35–44.

Zuhri, Amat. 2019. “TASAWUF EKOLOGI (Tasawuf Sebagai Solusi Dalam Menanggulangi Krisis Lingkungan).” Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 22(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :
 
 
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka.

Jl. Kh. Abdul Halim No 103 Majalengka 

Tlp: (0233) 8285486
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.