Pendidikan Agama Bagi Masyarakat Populis Dengan Metode Profetik Teaching And Learning

Arief Hidayat Afendi, Toto Santi Aji

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan hak setiap insan Indonesia, termasuk anak kelompok masyarakat kelas bawah yang berpenghasilan rendah (populis). Untuk itu, anak sebagai aset bangsa perlu diberdayakan dan diberi pengetahuan yang cukup agar kelak mampu menata dirinya dan daerahnya. Kenyataan menunjukkan bahwa anak-anak kelompok masyarakat ini sebagian besar tidak mampu mendapatkan pendidikan agama.  Solusi dari permasalahan untuk pengambil kebijakan adalah: (1) Menyelenggarakan sistem pendidikan secara lokal, (2) Mengembangkan model-model pendidikan pada tiap kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik tertentu, (3) Meningkatkan daya tampung pendidikan, (4) Meningkatkan sarana pembelajaran, (5) Memberikan beasiswa (6) Menyelenggarakan sekolah agama di masjid. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini antara lain urgensi penerapan pendidikan agama melalui profetik teaching and learning dengan memperluas medan-medan pengajaran melaluipemberdayaan masjid untuk memperdalam faham tauhid di tengah tantangan multikulturalisme dan terorisme.


Full Text:

PDF

References


Abdul Munir Mulkan. 2008, Nalar Spiritual Pendidikan : Solusi Problem Filosofis Ayat Ajaj al Khatib, Ushul al Hadis wa Ulumuhu wa Mustalahuh, Pustaka Pelajar: Yogjakarta.

Dimyati. 2014, Tauhid Ilmu , Suara Muhammadiyah: Yogyakarta.

Hohard Kingsley & Ralph Garry. 1957, The Nature And Condition Of Learning¸ Engleweed Cliffs: N.J Prentice Hall Inc.

Ikanubun, Yoseph E. 2008,Sekolah Unggulan versus Kaum Marginal, Catatan Reflektif Kazuoo Shimogaki, Kiri Islam Antara Modernisme dan Postmodernisme Kajian Kritis Kabinet RI Lengkap (1945 – 2009), PT Kawan Pustaka: Jakarta.

Sismanto. 2007. Mengeliminir Kapitalisasi Pendidikan (http://www.mkpd. wordpress.com, diakses 21 sepetember 2008)

Hassan Hanafi. 1993, LKIS dan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Morris L. Bigge. 1982, Learning Theoritis For Teachers, New York: Happer & Row, 1982.

Musnad Ahmad hlm 85 juz 13 hadis ke-7351 dan Fathul Bari jld 1 hlmn206

PP. Muhammadiyah. 2008, Pendidikan Islam. Suara Muhammaidyah: Yogyakarta.

Redaksi Kawan Pustaka. 2005 Undang-Undang Dasar 1945 dan Perubahannya, Susunan: Jakarta

Suliswiyadi. 2013, Pembelajaran Al-Islam Reflektif Magelang, UMM Press: Malang.

Suharto, Edi. 2006. Kebijakan Perlindungan Sosial bagi Kelompok Rentan dan Kurang Beruntung, Badan Pelatihan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial, Depsos RI: Jakarta.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Bigraf Publishing, 2003: Yogyakarta.

https://kbbi.web.id/populisme , di akses 11 Oktober 2019 pkl. 10.35 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :
 
 
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka.

Jl. Kh. Abdul Halim No 103 Majalengka 

Tlp: (0233) 8285486
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.