Proses Pemecahan Masalah Matematis Calon Guru Sekolah Dasar

Nia Kania

Abstract


Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu dari lima
standar proses dalam NCTM. Artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian
tentang kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah matematis
pada matakuliah pemecahan masalah matematika. Dalam proses
pembelajaran maupun penyelesaian masalah matematis, mahasiswa
dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta
keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan menyelesaikan masalah
yang bersifat tidak rutin. Berdasarkan hal tersebut maka kajian ini dilakukan
untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis
mahasiswa ditinjau dari langkah pemecahan masalah matematis yang
dijelaskan oleh Polya. Hasil kajian adalah sebagai berikut: (1) Memahami
masalah, Aspek yang harus dicantumkan mahasiswa pada langkah ini
meliputi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, (2) Merencanakan
penyelesaian, Aspek yang harus dicantumkan mahasiswa pada langkah ini
meliputi urutan langkah penyelesaian dan mengarahkan pada jawaban yang
benar; (3) Menyelesaikan rencana penyelesaian, Aspek yang harus
dicantumkan mahasiswa pada langkah ini meliputi pelaksanaan cara yang
telah dibuat dan kebenaran langkah yang sesuai dengan cara yang dibuat; (4)
Memeriksa kembali, Aspek yang harus dicantumkan mahasiswa pada
langkah ini meliputi penyimpulan jawaban yang telah diperoleh dengan
benar/memeriksa jawabannya dengan tepat.
Kata Kunci: pemecahan masalah matematis, strategi pemecahan masalah
matematis,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.