OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGUN INDONESIA EMAS DALAM PERSPEKTIF PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA

Sigit Vebrianto Susilo

Abstract


Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, abad 21 menuntut setiap insan
manusia memiliki kemampuan yang dapat harus dikuasai demi menunjang hidup dan
kehidupan di masa yang akan datang. Abad 21 dikenal dengan abad teknologi dengan segala
perkembangan serba online serta perubahan dalam berbagai aspek diantaranya berkaitan
dengan pola hidup dan kehidupanb manusia. Pendidikan mempunyai peran penting demi
membentuk bangsa yang maju melalui pendidikan nasional berbasiskan dan meneladani nilainilai budaya dan kearifan lokal. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah
gaya hidup manusia, baik dalam bekerja, bersosialisasi, bermain maupun belajar. Memasuki
abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak
terkecuali dibidang pendidikan. Karakteristik abad 21 ditandai dengan semakin
berkembangnya dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mengalami
pergeseran nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, dewasa ini nilainilai dan norma kebudayaan serta kearifan local kita semakin ditinggalkan oleh pemiliknya.
Trend dikalangan generasi muda saat ini lebih senang menggunakan budaya-budaya asing yang
sebenarnya banyak yang kurang bahkan tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Munculnya
kasus JIS, kekerasan yang terjadi di sekolah diantaranya kasus penganiayaan guru terhadap
murid maupuun sebaliknya mencerminkan minus nya pendidikan nasional kita hari ini. Padahal
jika kita tengok adat istiadat dan budaya kita tidak ada nuansa kekerasan, tidak ada yang
mngajarkan baku hantam, dan tidak ada yang menanamkan nilai-nilai keburukan dan ketidak
benaran sesuai dengan norma. Ketidak pedulian guru akan tugas pokok dalam pembelajaran
menjadi sumber luka yang menjadikan pendidikan Indonesia dalam ambang batas jurang
kenistaan. Perkembangan zaman membuat pendidikan kita buta akan perubahan pendidikan
serta tuli akan perkembangan nilai-nilai kebudayaan local yang seyogianya menjadi ruh dari
pendidikan itu sendiri.
Kata Kunci: Kompetensi Pendidik, Pendidikan Abad ke-21, Pendekatan Sosial Budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.