PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL SMASH SISWA EKSTRAKULIKULER PERMAINAN BULUTANGKIS SMK NEGERI 1 LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

Safitri Safitri

Abstract


Safitri1 dan Endi Rustandi2
Penddikan Jasmani, Universitas Majalengka
ariyanisafitri87@gmail.com

ABSTRAK
This study was conducted to determine the effect of the drill method on the smash results of students in badminton extracurricular games at SMK Negeri 1 Lemahabang, Lemahabang sub-district, Cirebon distri. Where extracurricular students play badminton the training process tends to not be varied or less effective, the method provided has not varied so that the drill method in badminton games has not been used. So there are still some students who are not good at doing badminton smash games.
This study uses a quantitative approach with experimental methods (eksperiment) with the desigen of one group pretes posttest desigen.in this design there was a pretest before being given treatment and posttest after being given treatment with samples in this study totaling 20 students 9 daughters and 11 sons. Based on the results of the analysis of the study showed that there was a significant effect, the drill method had an effect on the smash results of the extracurricular students of badminton game SMK Negeri 1 Lemahabang, Lemahabang Sub-district, Cirebon district. The pretest smash score gets a minimum score of 30, a maximum score of 46, an average of 36.80 with a standard deviation of 4.420. students who have receivedtreatment with the drill method exercise results increase with the results of the posttest smash getting a minimum score of 34, a maximum value of 48, an average of 42.30 with a standard deviation of 3.962.
Keywords : Drill Method, Smash Results, Badminton Games

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil smash siswa ekstrakulikuler permainan bulutangkis SMK Negeri 1 Lemahabang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Dimana siswa ekstrakulikuler permainan bulutangkis proses latihannya cenderung belum bervariasi atau kurang efektif, metode yang diberikan kbelum bervariasi sehingga metode drill dalam permainan bulutangkis belum digunkan. Sehingga masih ada beberapa siswa yang kurang baik dalam melakukan smash permainan bulutangkis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (eksperiment) dengan desain one groups pretest posttest desigen. Dalam desain ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan sempel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa, 9 putri dan 11 putra. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunujukan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode drill berpengaruh untuk hasil smash siswa ekstrakulikuler permainan bulutangkis SMK Negeri 1 Lemahabang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Hasil smash pretest mendapatkan nilai minimal 30, nilai maksimal 46, rata-rata 36.80 dengan standar deviasi 4.420. siswa yang telah mendapatkan perlakuan dengan metode drill hasil latihan meningkat dengan hasil smash posttest mendapatkan nilai minimal 34, nilai maksimal 48, rata-rata 42.30 dengan standar deviasi 3.962.
Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Smash, Permainan Bulutangkis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirulloh. (2014). Kepelatihan Dan Fisiologi Olahraga.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Badriah, Dewi Laelatul. (2012). Metode Penelitian Ilmu – Ilmu Kesehatan, Bandung.

Budiwanto, Setyo., Rahayuni, Kurniati, & Sulistyorini. Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Forehand Overhead Stroke Menggunakan Metode Latihan Berulang (Drilling) Umpan Lempar. Jurnal. Keolahragaan, volume VII, Nomor 1, Maret 2016, halaman 111-112.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Nugroho, Anto Joko. (2015). Latihan Metode Drill untuk meningkatkan kemampuan Passing Atas Bola Voli Peserta Ekstrakulikuler Bola Voli Di SD Negeri Gento Windusasi Kabupaten Magelang. Skripsi.Yogyakarta: FIK UNY. Halaman 9.

Nurhasan, H dan Cholil D Hasanudin. (2014). Modul Tes Dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI.

Poole, James. (2013). Belajar Bulutangkis, Bandung: Pionir Jaya.

Prabowo, Yudha Arya. (2015). Ketepatan Smash Bulutangkis Peserta Ekstrakulikuler Bulutangkis Putra Di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY. Halaman 11 – 15.

Rusman. (2007). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Suardi, Moh. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Subarjah, Herman, dan Hidayat, Yusup (2007). Modul Permainan Bulutangkis. Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI

Sugiono (2017). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Sugiyanto, FX., & Yuliawan, Dhedhy. (2014). Pemgaruh Metode Latihan Pukulan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Bermain Bulutangkis Atlet Tingkat Pemula. Jurnal. Keolahragaan, Volume 2 – Nomor 2,2014. Halaman 146.

Wakhid, Muhammad. (2016). Pengaruh Permainan Lempar Shutlecock Terhadap Peningkatan Kelincahan Peserta Ekstrakulikuler Bulutangkis SMP Negeri 2 Playen. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.Halaman 7.

Wiratama, Sukmara Aldo. (2016). Pengaruh Metode Latihan Drill dan Pola Pukulan Terhadap Ketepatan Smash Atlet Bulutangkis Putra Usia 10 - 12 Tahun Di PB Jaya Raya Satria Yogyakarta. Jurnal. Keolahragaan, halaman 3 - 4.

Yanti Noor, Adawiah Robiatul, & Matnuh Harpani. (2016). Pelaksanaan Kgiatan Ekstrakulikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 6, Nomor 11, Mei 2016. Halaman 965.

Sumber – Sumber Lainnya :

http://id.wikipedia.org/wiki/2014/03/28/Bulu_tangkis

http://www.sarjanaku.com/2013/05/pengertian-metode-latihan-drill.html. Diunduh pada tanggal 02 Oktober 2018 pukul 20.13 wib.

http://master-bulutangkis.com Diunduh pada tanggal 02 Oktober 2018 pukul 13.12 wib.