STUDI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI TIM BOLA VOLI PUTRI KOTA CIREBON PADA PORDA TAHUN 2018

Devi Agustin

Abstract


Devi Agustin1, Rajip M Rusdiyanto2 dan Ali Priyono3
Pendidikan Jasmani, Universitas Majalengka
devi3agustin@yahoo.co.id

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor motivasi instrinsik atau motivasi ekstrinsik yang dominan dalam motivasi berprestasi tim bola voli putri kota cirebon. Dari hasil observasi peneliti ditemukan bahwa motivasi yang terdapat dalam atlet bola voli putri kota cirebon pada porda 2018 memiliki perbedaan yang ditinjau dari indikator motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik.
Metode penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah atlet tim bola voli putri porda kota cirebon, dengan jumlah sampel 12 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor motivasi berprestasi tim bola voli putri Kota Cirebon adalah 95,08 dengan tingkat persentase sebesar 84% dikatagorikan dalam klasifikasi sangat tinggi. Adapun motivasi berprestasi ini dipengaruhi beberapa indikator pendukung antara lain: rata-rata motivasi intrinsik adalah sebesar sebesar 46,83 dengan tingkat persentase sebesar 90 %, berdasarkan hasil yang diperoleh dan disimpulkan bahwa indikator motivasi intrinsik dikategorikan dalam klasifikasi “Sangat Tinggi”. Adapun rata-rata indikator motivasi ekstrinsik adalah sebesar 48,25 dengan tingkat persentase sebesar 75 %, berdasarkan hasil yang diperoleh dan disimpulkan bahwa indikator motivasi ekstrinsik dikategorikan dalam klasifikasi “Tinggi”. Dengan hasil tersebut bahwa motivasi berprestasi atlet tim bola voli kota cirebon yang diperoleh dari 12 responden lebih dominan pada motivasi instrinsik, indikatornya meliputi pencapaian, stimulasi, dan pengetahuan.

Kata Kunci : Motivasi berprestasi, Bola voli.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Badriah, Dewi Laelatul. (2012). Metodologi Penelitian. Bandung: Multazam.

Depdiknas. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balaikota.

Faisal, Imam Agus. (2008). Pembinaan Prestasi Di Sekolah Bola Voli Bima Loka Kabupaten Jember Pada Usia 16-18 Tahun. Jurnal. Surabaya. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Surabaya.

Farradinna, Syahrifa. (2012). Motivasi Berprestasi Atlet Muda Dalam Menghadapi Pekan Olahraga Nasional Tahun 2012 Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. Jurnal. Pekanbaru: Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Firmansyah, Dlis. (2018). Sosiologi Olahraga. Malang: Wineka Media.

Gustian, Uray. (2016). Pentingnya Perhatian dan Konsentrasi Dalam Menunjang Penampilan Atlet. Jurnal. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Husdarta, (2011). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfa Beta.

------------ (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfa Beta.

Juwita, Suzanna. (2009). Gambaran Motivasi Berprestasi Pada Perempuan Tenis Kursi Roda. Jurnal. Jakarta: Fakultas psikologi. Universitas Kristen Krida Wacana.

Komarudin. (2013). Psikologi Olahraga Latihan Mental Dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: Rosdakarya.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Rosdakarya.

Muskanan, Karel. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal. Kupang: Program Pascasarjana Universitas Nusa Cendana.

Nazir, Moh, (2013). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngatiyono. (2010). Mari Sehat Bergembira Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SD/MI kelas IV. KEMENDIKBUD.

Nurjalia, (2018). Pengaruh Sosial Media Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidika Teknologi Informasi. Jurnal. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-ranty.

Rahayu, Mulyana. (2015). Hubungan Antara Goal-Setting dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Atlet Renang. Jurnal. Surabaya: FIP Psikologi UNESA.

Sanjaya. (2015). Motivasi Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Pada Siswa SMP Negeri 1 Sukaharjo. Pringsewu: Skripsi. Program Studi Strata 1 Universitas Lampung.

Setyawati, Henny. (2014). Survei Motivasi Prestasi Atlet Klub Bulutangkis Pendowo Semarang Tahun 2014. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Subroto Toto. (2010). Permainan Bola Voli. FPOK: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. UPI Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Komsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wijaya, Nanda. (2016). Motivasi Atlet Mengikuti Latihan Bola Voli Yuso Sleman Putri Ditinjau Dari Motif Berprestasi. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Yaniawati, Indrawan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajgemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.