BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET BOLA VOLI O2SN KABUPATEN MAJALENGKA

Yucky Putri Erdiyanti, Bayu Dwi Febriyanto

Abstract


BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET BOLA VOLI O2SN KABUPATEN MAJALENGKA

Yucky Putri Erdiyanti

Yuckyerdiyanti@gmail.com

Bayu Dwi Febriyanto

Bayudwifebriyanto@gmail.com

Universitas Majalengka

 

ABSTRAK

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi berprestasi di bidang akademik atlet bola voli di kabupaten majalengka. Salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi berprestasi dalam bidang akademik  yaitu menggunakan bimbingan belajar. Perkembangan jaman  yang semakin modern terutama pada era globalisasi seperti sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dapat dilakukan melalui bidang keolahragaan. Permainan bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah sangat memasyarakat. Tujuan melakukan olahraga bolavoli sangat beragam, dari  yang sekedar untuk hiburan atau rekreasi, olahraga kesehatan, olahraga pendidikan sampai dengan yang bertujuan untuk mencapai prestasi yang maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui profil motivasi belajar atlet bola voli sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar, (2)Menghasilkan program bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar atlet bola voli, (3)Memperoleh data empiric tentang efektivitas program bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar atlet.

Penelitian ini menghasilkan program bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi berprestasi atlet bola voli, yang dikembangkan secara teoretis dan empiris. Untuk menghasilkan bimbingan belajar yang efektif ditempuh dengan studi pendahuluan, pengembangan instrument, uji kelayakan instrumen, pengembangan bimbingan belajar, uji kelayakan bimbingan belajar dan uji coba bimbingan belajar Pendekatan penelitian ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  metode  kuasi  eksperimen  dan  desainnya adalah  pretest-postest  control  grup desain terhadap atlet bola voli O2SN di kabupaten Majalengka. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa instrumen motivasi berprestasi.

Hasil penelitian menunjukkan secara empirik, perlakuan berupa bimbingan belajar teruji tidak efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet bola voli. Diharapkan mengetahui tingkat motivasi berprestasi atlet bola voli diawal perkuliahan, agar dapat merencanakan program yang harus dilakukan Motivasi berprestasi;

Kata Kunci: Bimbingan belajar; Atlet; Bola voli.


Full Text:

PDF PDF

References


Ahmadi Nuril. (2007). Panduan olahraga Bola Voli. Solo: Pustaka Utama.

Atkinson, J. (1982). Motivation and Achievement. Washington, D.C: V.H. Winston and Son. Atkinson

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi V). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.

Depdiknas. (2008). Rambu-rambu Penyelenggaraan Pendidikan Profesional Konselor. Djaali, H. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumhur, I., dan Surya, M. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah (Guidance & Counseling). Bandung: CV Ilmu.

Erdiyanti, Yucky Putri (2013). Profil motivasi berprestasi dan implikasinya terhadap bimbingan konseling. SKRIPSI.

Erdiyanti, Yucky Putri (2017) . Program bimbingan akademik untuk meningkatkan motivasi berprstasi. TESIS

Hamalik , Oemar, (2004), Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara

Koeswara, E. (1995). Teori Motivasi dan Penelitiannya. Bandung: Angkasa.

Moekijat. 2001. Dasar dasar Motivasi. Bandung: Pioner Jaya

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keterbakatan: StrategiMewujudkan Protensi Kreatif dan

Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurikhsan, J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Raymond J.W. & Judith H.j., (2004). Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Robbins, 2001, “Perilaku Organisasi“, Jilid 1 Edisi 8, PT Prenhalindo, Jakarta.

Robinson B. (1993). Bola Voli (bimbingan, petunjuk & teknik Bermain). Jakarta: Dahara Prize

Rosyadi, M.A. (2010). Quantum Learning Sebagai Metode Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. FIP UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Mempengaruhi Keberhasilan Studi , Ed. Kartini Kartono. Jakarta: CV Rajawali

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Suhadi & Sujarwo .(2010). Volleyball for all. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Sukadji. (2001). Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta :Gramedia.

Sukardi, Dewa ketut. 2000. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. (2003). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. (1981). Psikologi Belajar. Jakarta: Depdikbud

Supraba, Dellawaty, 2012. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik Atlet bola voli Tingkat Akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang

Suyanti. 1994. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Balerejo. Skripsi (tidak dipublikasikan). Madiun: Universitas Widya Mandala Madiun.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 TH. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Uno, H.B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

. (2010). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Roda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.