PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING DALAM VIDEO PROJECT YANG DIUPLOAD KE YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI TKJ 2 SMKN 1 KADIPATEN

Titin Kustini

Abstract


PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING DALAM VIDEO PROJECT YANG DIUPLOAD KE YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

SISWA KELAS XI TKJ 2 SMKN 1 KADIPATEN”

 

Titin Kustini, M.Pd.  

Abstrak

Motivasi belajar terkorelasi erat dengan peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris. Karena pentingnya motivasi bagi peningkatan belajar siswa maka perlu terus dicari cara yang dirasakan tepat bagi siswa. Keaktifan siswa dalam menggunakan bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan Communicative Language Teaching (CLT). Tujuan dari CLT adalah pengajaran kompetensi berbahasa komunikatif. Di samping itu kemajuan ilmu pengetahuan  khususnya internet dan teknologi informasi dalam hal ini media sosial termasuk Youtube yang telah menjadi bagian keseharian generasi muda sekarang ini, bisa menjadi alternatif cara meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penugasan membuat video project yang kemudian diupload ke Youtube diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa Inggris dan sekaligus merangsang kreatifitas siswa agar tidak hanya menjadi penonton tetapi bisa memetik manfaat dari adanya Youtube. Manfaat pertama yang diharapkan adalah meningkatnya motivasi siswa untuk mempelajari bahasa Inggris ketika video mereka di Youtube ditonton oleh banyak viewers. Manfaat kedua adalah menumbuhkan jiwa wirausaha siswa dengan menjadikan Youtube sebagai salah satu alternatif yang bisa mendatangkan keuntungan ekonomis. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan upaya untuk memperoleh data berupa deskripsi tentang hal-hal yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penugasan video project dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris namun tidak mampu menjadi salah satu alternatif cara mendatangkan keuntungan ekonomis karena mereka menemui banyak hambatan dalam mencari jumlah viewers yang signifikan terkait kondisi mayoritas siswa yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

 

Kata Kunci: Video Project, Communicative Language Teaching, Youtube, Motivasi Belajar


Full Text:

Untitled PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Bina Aksara.

Brown, Douglas H., 2001, Teaching by Principles; An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition, Longman Inc.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Gilbert, D. 2002. Multimedia Technology, Queensland: University of Queensland.

Harmer, Jeremy, 2002, The Practice of English Language Teaching, Pearson Education Limited.

Jasmadi, 2007, Cara Mudah Mengolah Film Keluarga dengan Windows Movie Maker 2.1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Moleong, Kexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Richards, Jack C., 2008, Communicative Language Teaching Today, http: www. Jack C. Richards. co. id

Richards, Jack C and Theodore Rodgers .2001. Approaches and Methods in Language Teaching. Second Edition. New York: Cambridge University Press.

Richards, Jack C and Charles Sandy 1998. Passages. New York: Cambridge University Press.

Sitorus, Bergman. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Winke. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta. Gramedia.

Wikipedia. Sejarah Youtube. Diunduh pada 20 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.