UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MENGGUNAKAN PELURU MODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMKN 1 KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

Yayan Saeful Azhar

Abstract


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MENGGUNAKAN PELURU MODIFIKASI PADA SISWA KELAS X

SMKN 1 KERTAJATI  KABUPATEN MAJALENGKA

 

 

Yayan Saeful Azhar

ysazhar70@gmail.com

 

 

ABSTRAK

 

 

Latar belakang dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah terbatasnya jumlah prasarana belajar tolak peluru di  SMKN 1 Kertajati yang berakibat pada jumlah waktu aktif belajar siswa tidak maksimal sehingga hasil belajar kurang memuaskan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi adalah siswa kelas X TPU C  SMKN 1 Kertajati dengan jumlah sampel 38 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu:  perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja tolak peluru dan observasi.

Hasil Penelitian terbukti signifikan (1) penggunaan peluru modifikasi secara efektif telah mengalami peningkatan hasil belajar tolak peluru. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 80,53 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92,11 %  dan  (2) Jumlah waktu aktif belajar siswa  selama pembelajaran meningkat dari tindakan I hingga tindakan II, dimana rata-rata waktu aktif belajar  siswa sebesar 81,67 %, peningkatan waktu aktif belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 63,34 %.

 

Kata Kunci    : Peluru Modifikasi, Hasil Belajar, Tolak Peluru.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta, Bina Aksara

Aqib, Zainal. 2006 Penelitian Tindakan Kelas Untuk : Guru. Bandung. Yrama Widya

Basuki, Sunaryo. 1979. Atletik Sejarah, Teknik Dan Metodik. Jakarta. Depdibud

Depdiknas. 2004. Buku Pegangan Penggunaan Perlatan Olahraga Anak (POA). Jakarta. Direktorat IPTEK- Dirjen Olahraga

Djumidar A. Widya, Mochamad. 2004. Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik dalam Bermain. Jakarta. PT Prajagrapindo Persada

Gusarmin. 2007. Model – Model Pembelajarani. Modul Diklat Profesi Guru, Kendari. FKIP. Universitas Haluoleo (Unhalu)

Lutan, Rusli. 1988. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta. Dirjen Dikdasmen. Depdikbud

Miles, Matthew B & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta. UI – Press.

Mudjiono dan Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta,

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Soepartono. 2004. Pembelajaran Atletik. PPGK- 3134 (Modul 1 s/d 3). Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan

Syah Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Devisi Buku Perguruan Tinggi. Jakarta. RajaGrafindo

__________. 2001. Pembaharuan Pendidikan Jasmani di Indonesia. Jakarta. Depdiknas, Direktorat Jederal Olahraga.

__________. 2002. Supervisi Pendidikan Jasmani : Konsep dan Praktek. Jakarta. Depdiknas, Dirjen Dikdasmen bekerjasama dengan Direktorat Jederal Olahraga.

_________. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.